Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Pembelajaran Kepemiluan Ke SMP Negeri 1 Kembaran

PURWOKERTO, kab-banyumas.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas dalam bentuk kegiatan KPU Visit melaksanakan pembelajaran demokrasi dan pemilihan umum (Pemilu) sejak dini kepada para Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kembaran, Minggu (22/01). Bertempat di salah satu Ruang Kelas SMPN 1 Kembaran, KPU Visit dibuka oleh Pembina OSIS SMPN 1 Kembaran Sardjono dan diisi oleh Anggota KPU Kabupaten Banyumas, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Imam Arif Setiadi.
“Demokrasi telah dilaksanakan dalam pembentukan Pengurus OSIS SMPN 1 Kembaran ini, terbukti dengan adanya pemilihan pengurus yang terdiri dari para siswa, untuk para siswa, dipilih oleh seluruh siswa dan melalui serangkaian tahapan pemilihan,” ujar Imam.
Materi mengenai demokrasi dan pemilu antara lain pengertian demokrasi dan pemilu, nilai demokrasi, manfaat pemilu, tahapan pelaksanaan pemilu serta syarat menjadi pemilih disampaikan secara ringkas dan ringan agar dapat diterima dengan baik oleh seluruh peserta.
Dalam kesempatan ini Imam juga menanamkan nilai kepada seluruh peserta untuk nantinya menjadi pemilih yang cerdas, pemilih yang memberikan suara dalam Pemilu berdasarkan hati nurani bukan karena iming-iming berupa uang, sembako atau materi lainnya. Karena dengan pemilih yang cerdas akan terpilih pemimpin yang baik dan pemerintahan yang baik pula.
“Pihak sekolah mengharapkan pembelajaran demokrasi dan kepemiluan sejak dini dari KPU ini dapat mengembangkan wawasan kebangsaan para pengurus OSIS yang merupakan kader pemimpin di masa depan,” kata Sarjono mengakhiri kegiatan KPU Visit. (sari)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!