Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Pemeriksaan Kemampuan Jasmani, Rohani dan Bebas Narkotika Bakal Calon Berlangsung Lancar

Surakarta – www.kab-banyumas.kpu.go.id – Pemeriksaan kemampuan jasmani dan rohani serta bebas penyalahgunaan narkotika bagi bakal pasangan calon (Bapaslon) berjalan dengan lancar dan berakhir sekitar pukul 16.00 WIB, Sabtu (13/1), sore. Menurut Ikhda Aniroh, hari kedua pemeriksaan bakal calon berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh tim pemeriksa. Pemeriksaan itu meliputi anamnesa dan analisis riwayat kesehatan, pemeriksaan penyakit dalam, gigi dan mulut, mata, THT dan audiometri, paru dan spirometry, bedah, onkologi, urologi, ortopedi, neuorologi dan neurobehaviour, serta terakhir tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory). Keseluruhan pemeriksaan hari kedua memakan waktu lebih kurang delapan jam. Sehari sebelumnya, bakal calon menjalani pemeriksaan bebas penyalahgunaan narkotika dan kesehatan psikologi.

Lebih lanjut, Ikhda menyampaikan bahwa hasil pemeriksaan akan diserahkan kepada KPU Kabupaten Banyumas pada Selasa (16/1) mendatang. Tim pemeriksa menyampaikan keseluruhan hasil pemeriksaan melalui rapat pleno yang dipimpin oleh ketua tim. Hasil keputusan itu, lanjut anggota yang membidangi pencalonan ini, dilakukan setelah para anggota tim pemeriksa masing-masing menyampaikan analisis hasil pemeriksaan sesuai bidang yang ditangani.

“Kesimpulan tim pemeriksa hanya ada dua kemungkinan, yaitu MS (memenuhi syarat) dan TMS (tidak memenuhi syarat) dan bersifat final serta tidak dapat dilakukan pemeriksaan pembanding”, ungkap satu-satunya komisioner perempuan di Kabupaten Banyumas ini.

Ikhda juga menambahkan bahwa apabila ada hasil pemeriksaan pembanding yang menyatakan berbeda dari kesimpulan tim pemeriksa, KPU Kabupaten Banyumas dapat mengabaikannya.

“Hasil detail pemeriksaan bakal calon bersifat rahasia”, tandasnya.

Tahapan selanjutnya, KPU Kabupaten Banyumas akan menyerahkan hasil penelitian syarat calon pada 17 Januari. Sementara itu, bakal calon diberikan kesempatan melakukan perbaikan syarat calon selama tiga hari, mulai tanggal 18-20 Januari 2018. Selanjutnya, penetapan pasangan calon akan dilaksanakan pada 12 Februari 2018 mendatang. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!