Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

PEMILIH DILATIH MENGENALI LIMA SURAT SUARA

BANYUMAS – Para pemilih di desa diajari untuk mengenali surat suara yang akan digunakan di Pemilu 2019 mendatang. Seperti diketahui, nanti ada lima surat suara yang akan dicoblos yakni surat suara presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten.

“Kami kenalkan cara membuka dan melipat surat suara. Termasuk membedakan tiap jenis surat suara,” kata Hanan Wiyoko, anggota KPU Banyumas usai Sosialisasi Forum Warga Berbasis Keluarga di Balai Desa Karangtalun Kidul, Kexamaran Purwojati, Minggu (16/12) siang.

Cara pengenalan yang dilakukan meliputi lima warna pembeda surat suara, ukuran surat suara dan ada tidaknya foto dalam surat suara.

“Foto kandidat hanya terdapat di surat suara Pilpres dan surat suara DPD. Untuk surat suara Pileg tidak ada foto, hanya lambang parpol, nomor urut dan nama caleg,” kata Hanan yang membidangi Divisi Teknis Penyelenggaraan.

Untuk pembeda warna, disebutkan yakni hitam untuk surat suara pilpres, kuning untuk DPR RI, merah untuk DPD, biru untuk DPRD provinsi dan hijau untuk DPRD kabupaten. Warna ini berada di lipatan luar surat suara.

“Kenali surat suaranya dan coblos di bilik suara. Buka surat suara dengan lebar dan coblos serta lipat kembali. Kemudian masuk ke kotak suara sesuai jenis surat suaranya,” ujarnya.

Ia berharap dengan pengenalan surat suara, pemilih di pelosok desa menjadi memiliki gambaran tentang bentuk surat suara.

Pengenalan tersebut dilakukan dengan cara praktek. Beberapa peserta diminta menerima lima surat suara kemudan diminta praktek membuka dan melipat spesimen surat suara. (hwo)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!