Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

PEMILU 2019, KPU BANYUMAS INGINKAN DANA KAMPANYE TRANSPARAN

Purwokerto – Menjelang tahapan kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas melakukan Bimbingan Teknis Pelaporan Dana Kampanye Pemilu 2019 yang diselenggarakan pada Senin (17/09), bertempat di Hotel Grand Karlita Purwokerto. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari 16 Partai Politik.

Kegiatan diawali dengan sambutan Ketua KPU Kabupaten Banyumas. Dalam sambutannya, Unggul Warsiadi menghimbau, Pemilu 2019 harus lebih transparan, akuntabel, dan bisa dipertanggungjawabkan.

Kemudian dilanjutkan dengan pengisian materi oleh anggota KPU Kabupaten Banyumas  Divisi Perencanaan dan Data, Waslam Makhsid terkait teknis pelaporan dana kampanye. Pada sesi terakhir, narasumber memberikan arahan dan bimbingan kepada peserta tentang penggunaan Aplikasi Sistem Dana Kampanye (SIDAKAM).

SIDAKAM merupakan aplikasi yang digunakan peserta Pemilu 2019 (calon legislatif, calon perseorangan/Dewan Perwakilan Daerah, calon presiden dan calon wakil presiden) untuk menyampaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK), Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK), serta Laporan Penerimaan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK).

Waslam juga menekankan bahwa setiap partai politik harus memiliki Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK) yang bisa dibuka di semua bank umum. “Setiap partai dapat membuka RKDK tanggal 20 atau 21 September di semua bank umum. Pergerakan rekening juga termasuk kedalam pelaporan” terang Waslam.

Masing-masing partai politik harus menyerahkan Laporan LADK terakhir satu hari sebelum masa kampanye. Sedangkan LPPDK ditutup delapan hari setelah proses pemungutan suara. [frh/slm]

 

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!