Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

PENDIDIKAN POLITIK KPU BANYUMAS SASAR SEGMEN PEREMPUAN

PURWOKERTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar Pendidikan Pemilih bagi kalangan perempuan di Desa Ledug, Kembaran pada Kamis (20/12) sore. Hadir Hanan Wiyoko, anggota KPU Banyumas sebagai narasumber. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50 warga perempuan RW 7 Desa Ledug. Hanan menyampaikan tentang informasi kepemiluan serta spesimen surat suara yang akan digunakan pada Pemilu 2019 mendatang.

Pada kegiatan yang digelar di Balai Pertemuan Warga ini, Hanan menyampaikan bahwa pemilih merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan penyelenggaraan Pemilu. Menurut Hanan, semakin tinggi angka partisipasi pemilih maka bisa dikatakan Pemilu itu semakin sukses.

“Itu alasan KPU Banyumas selama ini gencar melakukan pendidikan dan sosialisasi Pemilu kepada warga,” Ujar pria berkacamata ini.

Lebih lanjut Hanan mengajak kepada peserta agar mengenali calon yang ikut serta pada Pemilu Tahun 2019. Melalui poster peserta calon, Hanan memperkenalkan nama, nomor urut dan foto peserta Pemilu.

Selanjutnya Hanan memperkenalkan lima jenis surat suara yang akan digunakan pada Pemilu besok. Katanya, ada surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota DPR RI, anggota DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Selain jenisnya, Hanan juga menginformasikan tentang lima warna penanda pada masing-masing surat suara.

Antusias warga semakin terlihat saat Hanan mulai mengenalkan kotak dan bilik suara.

“Kotak dan bilik ini berbahan karton duplex. KPU sudah menjamin kekuatannya dan kualitasnya sehingga aman dipakai,” terang Hanan.

Hanan menambahkan, kotak dan bilik suara ini juga kedap air.

Tidak berakhir sampai di situ, pendidikan ini dilanjutkan dengan warga memperagakan proses pembukaan surat suara, membawanya ke bilik, serta melipatnya kembali. Harapannya, warga benar-benar mengerti tata cara mencoblos di TPS yang benar.

Dalam sesi diskusi, terlihat juga beberapa warga menanyakan tentang visi misi calon. Menanggapinya, Hanan menyampaikan bahwa visi misi calon presiden dan wakil presiden dapat dilihat di website KPU Republik Indonesia, di www.kpu.go.id. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!