Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

PERAN PENTING PPS DAN PPK DALAM PENGHITUNGAN SUARA

 

Purwokerto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas gelar pelantikan susulan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta pelantikan Pengganti Antar Waktu (PAW) PPS dan PPK penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019. Pelantikan digelar di Aula KPU Kabupaten Banyumas pada Senin (9/4). Ada sejumlah 37 peserta yang dilantik yang terdiri dari pelantikan susulan satu anggota PPK Pemilu 2019, 20 anggota PPS Pemilu 2019, pelantikan PAW PPS Pemilu 2019 sejumlah 11 orang, PPK Pilkada 2018 sejumlah satu orang dan PPS Pilkada 2018 sejumlah empat orang.

Dalam sambutannya, Unggul Warsiadi, Ketua KPU Kabupaten Banyumas menyampaikan bahwa pelantikan susulan dan pelantikan PAW ini dilakukan karena beberapa hal. Terdapat PPS dan PPK yang berhalangan hadir pada pelantikan waktu lalu. Ada juga alasan yang mengharuskan anggota PPS dan PPK melepaskan jabatannya sebagai penyelenggara pemilihan.

“Ada yang karena pindah wilayah kerja, diterima jadi PNS, ada juga yang mengundurkan diri karena alasan yang tidak bisa dibendung,” terangnya.

Unggul menambahkan, peran sebagai penyelenggara pemilihan adalah posisi penting yang harus dipegang dengan tanggung jawab sesuai dengan ikrarnya dalam pelantikan. Menurutnya, perlu ada kesungguhan hati, tekad yang kuat serta keikhlasan dalam bekerja.

Lebih lanjut Unggul menjelaskan, penyelenggara pemilihan saat ini terbagi menjadi dua, yaitu penyelenggara Pemilu 2019 dan penyelenggara Pilkada 2018. Keduanya sama-sama memiliki tugas yang cukup berat. Terlebih bagi PPK, lanjutnya, sekarang tugas penghitungan suara dilakukan oleh PPK. Namun meskipun demikian, kontrol penghitungan suara akan dilakukan dari bawah sampai atas.

“Kontrol ini akan dilakukan berjenjang sehingga akan meminimalisir kesalahan dan kecurangan dalam penghitungan suara,” tandas Unggul. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!