Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Perencanaan Kegiatan Untuk Maksimalkan Penyerapan Anggaran

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id ~ Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Rapat Pembahasan Rencana Pelaksanaan Kegiatan Tahun Anggaran 2017, bertempat di Aula KPU Kabupaten Banyumas, Kamis (5/1). Rapat ini merupakan kelanjutan dari acara evaluasi kegiatan KPU Kabupaten Banyumas Tahun 2016 yang telah diselenggarakan pada Selasa (27/12) lalu.
Kegiatan diawali dengan sambutan dan pengantar dari Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi. Dalam sambutannya Unggul menyampaikan bahwa tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banyumas Tahun 2018 sudah dekat dan KPU Banyumas perlu merencanakan pelaksanaan kegiatan di tahun 2017 yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) agar terlaksana dengan baik dan tidak terjadi publikasi anggaran dengan kegiatan tahapan Pilkada Banyumas yang di biayai oleh Pemerintah Daerah Banyumas.
Selanjutnya pemaparan Rencana Pelaksanaan Kegiatan disampaikan oleh Sekretaris KPU Kabupaten Banyumas, Hirawan Danan Putra, yang menyampaikan berbagai kegiatan dan anggaran yang akan dilaksanakan di tahun anggaran 2017.
Kecilnya prosentase penyerapan anggaran kegiatan yang di biayai APBN seringkali muncul ketika KPU Kabupaten/Kota sedang melaksanakan Pilkada. Untuk menghindari hal tersebut KPU Banyumas beserta jajaran Sekretariat merancang agar semua kegiatan yang sudah ada di dalam DIPA nomor SP DIPA-076.01.2.657391/2017 bisa terlaksana dengan baik dan penyerapan anggaran bisa maksimal dan seluruh kegiatan sedapat mungkin selesai sebelum pelaksanaan Tahapan Pilkada 2018.
Pada tahun anggaran 2017 ini KPU Banyumas mendapatkan anggaran sebesar Rp. 2.876.576.000,- (Dua miliar Delapan ratus tujuh puluh enam juta Lima ratus tujuh puluh enam ribu rupiah) untuk membiayai 21 (Dua puluh satu) jenis kegiatan.
Pada sesi diskusi, Anggota KPU Banyumas, Ikhda Aniroh menyarankan perlu dilakukan beberapa revisi anggaran dalam rangka mempersiapkan Badan Penyelenggara Pilkada yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta kesediaan anggaran untuk pertemuan-pertemuan dengan Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu berkaitan akan adanya kegiatan verifikasi keanggotaan Parpol yang ada di Kabupaten Banyumas. Sehingga Parpol peserta Pemilu benar-benar siap tidak hanya menyambut Pilkada Banyumas Tahun 2018 tetapi juga mempersiapkan diri untuk ikut dalam Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019.
Terkait rencana pelaksanaan kegiatan KPU Kabupaten Banyumas Tahun Anggaran 2017 tersebut terdapat beberapa kegiatan yang pelaksanaannya menunggu undangan dari KPU Provinsi Jawa Tengah, dan petunjuk teknis terkait. (sena)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!