Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

PERHATIKAN SEGMEN DIFABEL, KPU BANYUMAS GELAR SIMULASI PENCOBLOSAN

Purwokerto – Sebagai perwujudan asas Pilkada yang akesibel, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas adakan sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2018 sekaligus simulasi pencoblosan bagi kaum difabel di Rumah Makan Sambel Cablak, Purwokerto pada Kamis (3/5). Sosialisasi diberikan oleh anggota KPU Kabupaten Banyumas, Waslam Makhsid dan Ikhda Aniroh. Sosialisasi dimaksudkan untuk memberikan informasi ke-Pilkada-an kepada peserta, sedangkan simulasi dilakukan agar peserta bisa mengenal teknis pencoblosan yang akan dilakukan dalam waktu kurang dari dua bulan ini.

“Kami berharap Bapak dan Ibu tahu tata cara mencoblos besok. Kami akan menyiapkan Tempat Pemungutan Suara yang memudahkan bagi penyandang disabilitas,” terang Ikhda Aniroh.

Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibuat harus menggunakan prinsip aksesibilitas bagi semua pemilih. Ikhda menerangkan, TPS harus dibuat di lokasi yang datar, tidak berpasir, tidak terdapat rumput yang mengganggu kursi roda, serta tidak bergelombang. Hal itu perlu dipersiapkan dengan matang agar penyandang disabilitas tidak kesulitan dalam mengakses jalan dan teknis pemilihan di TPS.

Simulasi pencoblosan dilakukan setelah sosialisasi selesai disampaikan. Satu persatu peserta mempraktikkan tahapan pencoblosan dari awal hingga akhir layaknya pencoblosan yang sebenarnya. Bagi penyandang tuna netra, KPU Kabupaten Banyumas menyiapkan template huruf braille untuk memudahkan mereka mencoblos.

“Jika seperti ini pelayanannya, coblosan jadi mudah,” kata Saminah, salah seorang difabel yang harus tetap menggunakan kursi rodanya saat praktik mencoblos.

Usai mencoblos, ia menyampaikan harapannya agar setiap TPS dibuat senyaman mungkin bagi penyandang disabilitas. Idealnya sebuah TPS, tambahnya, harus mengutamakan layanan yang baik dari setiap penyelenggara, terutama bagi segmen difabel. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!