Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Peserta Pendaftar PPK Antre Ikuti Seleksi Wawancara

Purwokerto – Peserta pendaftar anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang terpilih antusias mengikuti seleksi wawancara yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, sejak Jum’at (27/10) sampai Sabtu siang ini. Berdasarkan pengumuman KPU Kabupaten Banyumas nomor 272 tanggal 23 Oktober 2017, seleksi yang dilaksanakan selama dua hari ini diikuti oleh 247 peserta.

Pada hari Jum’at, seleksi terdiri dari peserta yang berasal dari Kecamatan Ajibarang yang berjumlah 7 orang, Sokaraja 5 orang, Kalibagor 8 orang, Sumbang 8 orang, Patikraja 9 orang dan Banyumas 8 orang. Keenam kecamatan tersebut mengikuti seleksi pada pukul 09.00 sampai 11.00 WIB. Sedangkan pada pukul 13.00-selesai, peserta ujian adalah dari Kecamatan Lumbir yang berjumlah 10 orang, Gumelar 10 orang, Pekuncen 10 orang, Sumpiuh 9 orang, Tambak 9 orang, Rawalo 9 orang dan Cilongok 9 orang. Itu artinya, ada 111 peserta yang seharusnya hadir pada hari ini. Namun sampai saat seleksi hari ini selesai, jumlah peserta yang hadir hanya 109 peserta. “Ada dua yang absen, dan mereka otomatis langsung gugur,” kata Ikhda Aniroh selaku ketua Pokja pembentukan badan penyelenggara Adhoc.

Wawancara dilakukan oleh anggota komisoner KPU Kabupaten Banyumas. “Setiap peserta diwawancara oleh dua komisioner,” tambah Ikhda. Mereka menguji aspek kapasitas, kepribadian dan pengetahuan peserta tentang Pilkada. Masing-masing peserta diwawancara dalam ruangan yang terpisah. Hal itu untuk mengefektifkan proses seleksi. “Agar mereka tidak saling meniru jawaban dengan peserta lainnya,” tegasnya.

Sedangkan hari Sabtu, peserta seleksi wawancara adalah berasal dari Kecamatan Karanglewas yang berjumlah 9 orang, Kedungbanteng 10 orang, Baturraden 10 orang, Kembaran 9 orang, Somagede 10 orang, Kebasen 10 orang, Kemranjen 10 orang, Purwokerto Selatan 9 orang, Purwokerto Timur 10 orang, Purwokerto Utara 10 orang, Purwokerto Barat 9 orang, Wangon 10 orang, Purwojati 10 orang dan Jatilawang 10 orang. Jumlah totalnya adalah 136 peserta, namun ada 3 peserta yang tidak hadir.

Dalam persiapan mengikuti seleksi wawancara, Dwi, salah seorang peserta asal Lumbir menyatakan bahwa ia banyak membaca artikel-artikel kepemiluan. “Saya baca-baca buku dan internet juga, Mas,” katanya saat diwawancarai wartawan KPU Kabupaten Banyumas. Dwi juga menyampaikan ia optimis untuk bisa lolos dari seleksi ini.

Untuk tahap selanjutnya, pengumuman hasil seleksi wawancara sekaligus penetapan anggota PPK terpilih akan dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Oktober 2017 dan dilanjutkan dengan pelantikan anggota PPK pada hari berikutnya.[rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!