Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

PKPU KAMPANYE HARUS DIPAHAMI SECARA KOMPREHENSIF

Purwokerto – Jelang tahapan kampanye pada Pemilu tahun 2019 yang akan dimulai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilu Tahun 2019. Sosialisasi yang digelar di Aula KPU Kabupaten Banyumas pada Senin (10/9) ini ditujukan bagi 16 Partai Politik peserta Pemilu 2019 serta stakeholder lainnya yang ada di Banyumas. Hadir juga dalam kesempatan itu anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, yang turut memberikan tambahan materi terkait pengawasan kampanye.

Selain itu, tampak hadir juga perwakilan Polres Banyumas, Kodim 0701, Badan Keuangan Daerah, Satpol PP, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Cipta Karya, Kantor Kesbangpol, Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah serta Bagian Pemerintahan dan Kerjasama Setda Kabupaten Banyumas.

Dengan dimoderatori oleh Ikhda Aniroh, Imam Arif Setiadi selaku anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi SDM dan Parmas menyampaikan bahwa PKPU ini harus dipahami secara keseluruhan.

“PKPU tentang kampanye selalu menarik dan harus dipahami secara komprehensif,” tutur Imam.

Terdapat beberapa poin dalam PKPU, lanjut Imam, yang harus disamakan persepsinya di antara setiap pihak yang terlibat dalam tahapan ini.

Di antaranya Imam menyebutkan, ukuran bahan kampanye dan Alat Peraga Kampanye (APK) yang ditetapkan dalam PKPU ada yang melebihi batas ukuran yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda).

Dalam persoalan ini KPU, Bawaslu, Partai Politik, serta peserta lainnya menyepakati bahwa ukuran maksimal bahan kampanye dan APK menyesuaikan kepada Perda.

“Dengan begini maka kita tidak melanggar PKPU Kampanye maupun Perda Banyumas,” jelas Imam.

Imam melanjutkan, sosialisasi PKPU Kampanye ini merupakan pertemuan awal yang membahas kampanye. Selanjutnya, Imam merencanakan akan mengadakan pertemuan lagi yang akan mengulas PKPU tentang kampanye ini secara lebih mendalam lagi. [jik]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!