Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

RUMAH PINTAR PEMILU KPU BANYUMAS VISIT SMK PLUS TUNAS BANGSA KEBASEN

Dua komisioner KPU Banyumas menyampaikan materi RPP ke siswa-siswi SMK Plus Tunas Bangsa, Kebasen (16/10/2019)

KEBASEN – Tim Rumah Pintar Pemilu (RPP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas kembali menyasar ke Pemilih Pemula dengan mengunjungi SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen, Rabu (16/10/2019).

“Selain pemilih pemula, RPP juga mengunjungi basis pemilih lainnya, seperti pemilih perempuan, komunitas, marginal dan keagamaan” kata Yasum Surya Mentari, Anggota KPU Banyumas Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

Yasum mengatakan bahwa program RPP dalam bentuk kunjungan ke sekolah ini untuk mengedukasi siswa/i akan pentingnya pemilu dan demokrasi, menanamkan kesadaran nilai-nilai berdemokrasi, pengenalan tentang penyelenggara dan kegiatan kepemiluan, penyampaian hasil Pemilu Serentak 2019 serta menjadi pemilih yang cerdas dan anti politik uang.

“Melalui RPP, kami berupaya menanamkan nilai-nilai berdemokrasi, mendidik pra pemilih atau pemilih pemula untuk cerdas memilih dan menolak politik uang,” ujar Hanan Wiyoko, Anggota KPU Banyumas Divisi Teknis Penyelenggaraan.

Sekitar 34 siswa di kelas XII Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan kelas XII Pemasaran mendapat pendidikan pemilih oleh dua komisioner secara terpisah.

Dalam kesempatan ini, dipaparkan pula hasil Pemilu 2019 berupa daftar anggota Dewan yang terpilih periode 2019 – 2024 baik dari DPR RI Jawa Tengah VIII, DPD Provinsi Jawa Tengah, DPRD Provinsi Jawa Tengah XI dan DPRD Kabupaten/Kota dari 6 Daerah Pemilihan di Kabupaten Banyumas.

Selain pemaparan, siswa-siswi juga diajak berinteraksi dengan kuis berupa pertanyaan seputar pengetahuan kepemiluan dan materi yang telah disampaikan, serta pengalaman saat memberikan suara di TPS. Bagi yang aktif, mendapatkan souvenir berupa Gantungan Kunci RPP.

Tim RPP KPU Banyumas foto bersama siswa-siswi SMK Tunas Bangsa Kebasen

Kepala Sekolah SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen, Drs. Susriyadi dan Waka Kesiswaan, Yuli Purwaningsih. S.Pd menyambut baik kegiatan ini dan berharap kerjasama baik ini dapat terus berlanjut di masa yang akan datang. (sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!