Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

SCRABBLE DAN SETTING TPS LENGKAPI RPP KPU BANYUMAS

Permainan Scrabble Pemilu di salah satu Ruang Rumah Pintar Pemilu KPU Banyumas.

PURWOKERTO – Rumah Pintar Pemilu (RPP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas terus berbenah. Terbaru, RPP dilengkapi dengan setting ruangan tempat pemungutan suara (TPS). Juga dihadirkan kembali dua permainan edukatif, yakni scrabble pemilu dan ular tangga demokrasi.

Lokasi setting TPS ditempatkan di ruangan RPP. Di tempat ini, diatur letak meja dan kursi serta bilik dan kotak suara layaknya TPS dalam gelaran pemilu. Tidak ketinggalan, perlengkapan TPS dan sampel formulir juga tersedia di meja petugas KPPS. Sedangkan, permainan scarbble dan ular tangga demokrasi diadakan di ruangan terpisah, yakni di ruang audio visual.

Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi mengatakan, kegiatan optimalisasi RPP merupakan kegiatan pasca Pemilu 2019. Diharapkan kegiatan optimalisasi bisa mendongkrak peran RPP dalam pendidikan pemilih.

“Setting TPS dan edugame yang kami sediakan bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran, dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi,” kata Imam, Selasa (22/10) siang.

Ia menambahkan, permainan scrabble pemilu merupakan inovasi RPP dari KPU Kabupaten Banyumas. Sekilas tentang scrabble pemilu adalah permainan menyusun kata dengan mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan berkotak-kotak. Permainan ini dimainkan dua hingga empat orang. Agar memiliki nilai edukasi, maka kata yang disusun lekat dengan tema kepemiluan atau demokrasi.

Suasana Ruang Simulasi Pemungutan Suara di TPS

“Kami sedang mempersiapkan sarana lain, seperti photoboth bertema pemilu dan bahan selebaran informasi hasil pemilu 2019,” kata Imam. Ia menambahkan, pihaknya memfasilitasi kegiatan KPU visit ke komunitas dan sekolah dalam rangka mengenalkan keberadaan rumah pintar.

“Selain kunjungan ke luar, kami juga memfasilitasi atau menerima kunjungan pihak luar ke RPP KPU Banyumas. Silakan mari berkunjung,” tambah Imam.

Seorang pengunjung, LPAS Widyaningrum asal Purwokerto yang sempat mencoba permainan scrabble mengatakan tak mengira KPU memiliki permainan asyik. Menurutnya, dengan berkunjung dan bermainan edugame bisa menambah wawasan kepemiluan. (hwo)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!