Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

SETELAH PENETAPAN DAPIL, KPU AJAK PARPOL BELAJAR TATA CARA PENGHITUNGAN KURSI

Purwokerto – Setelah menyampaikan penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) di Banyumas untuk Pemilu Tahun 2019, KPU Kabupaten Banyumas menindaklanjuti dengan menyampaikan tata cara penghitungan kursi DPRD Kabupaten sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017. Kegiatan itu digelar di Rumah Makan Pringgading, Jumat (4/5) siang kemarin. Seluruh partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mewakilkan delapan orang sebagai peserta. Sementara itu, bertindak sebagai narasumber, anggota KPU Kabupaten Banyumas.

Berdasarkan Surat Keputusan KPU RI nomor 276/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018, terdapat enam Dapil di Kabupaten Banyumas. Setiap Dapil masih memiliki wilayah yang sama, hanya saja berbeda urutan penamaannya. Dapil eks-Kotatip Purwokerto dan Kecamatan Patikraja yang pada Pemilu 2014 Dapil Banyumas 4 saat ini menjadi Dapil Banyumas 1. Dapil Banyumas 2 yang sekarang merupakan Dapil Banyumas 3 pada Pemilu 2014, terdiri dari Kecamatan Sokaraja, Kembaran, Sumbang dan Baturaden. Selain perbedaan pada urutan penamaan Dapil, alokasi kursi di Dapil 1 dan dan 2 juga berubah, yakni Dapil 1 (eks-Kotatip Purwokerto) dari 9 kursi menjadi 8 kursi. “Penetapan Dapil sepenuhnya menjadi wewenang KPU RI. Tugas kami hanya menyodorkan usulan“, terang Unggul, saat ditanya tentang wewenang penetapan Dapil.

Selain itu, Unggul juga menyampaikan terkait tata cara penghitungan kursi DPRD Kabupaten yang akan digunakan pada Pemilu Tahun 2019. Disebutkan olehnya, jika penghitungan dulu menggunakan model bilangan pembagi pemilih (BPP), sekarang menggunakan model bilangan pembagi tetap, yaitu angka 1, 3, 5, 7 dan angka ganjil seterusnya.

“Jumlah perolehan suara setiap partai akan dibagi angka tersebut, kemudian diranking hasilnya. Inilah yang secara akademis disebut metode Sainte-Lague,” terang Unggul.

Hasil ranking tersebut, lanjutnya, akan diambil yang tertinggi sesuai kebutuhan kursi di Dapil masing-masing. Menanggapi itu, berapa anggota partai menanyakan tentang langkah yang diambil jika terdapat hasil pembagian yang sama. Merespon hal itu, Unggul mengatakan bahwa belum ada Peraturan KPU yang membahas soal itu. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!