Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

SISWA SD BANYU BELIK BELAJAR PEMILU KE KPU BANYUMAS

Purwokerto – Rabu (25/10) siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) Banyu Belik Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas melakukan kunjungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas dalam rangka belajar Pemilu. Sejumlah 5 siswa dari tingkat kelas 6 hadir dalam kegiatan tersebut. KPU Kabupaten Banyumas yang diwakili oleh Kasworo, Kasubag Teknis Pemilu dan Hupmas menyambut ramah kehadiran mereka. peserta datang dengan didampingi 2 gurunya, Umi dan Azizah.

Umi menyatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan siswanya kepada Kegiatan Pemilu. “Meskipun masih kecil tapi kan butuh pengenalan terhadap pemilu,” katanya.

Paska penyambutan, peserta melakukan obrolan dan diskusi singkat bersama 4 anggota KPU, Unggul, Imam, Waslam dan Agung. Obrolan yang dilakukan di ruang Rumah Pintar Pemilu ini berisikan tanya jawab siswa tentang Pemilu. Peserta aktif bertanya dengan pertanyaan yang beragam. “Apa tujuan kampanye?” tanya salah seorang siswa yang langsung mendapatkan jawaban dari Unggul.

Kegiatan berikutnya adalah pengenalan alat peraga pencoblosan oleh Kasworo sekaligus membimbing urutan-urutan dalam pencoblosan. Kasworo memperkenalkan peralatan yang digunakan seperti bilik suara, kotak suara, surat suara, bantalan, alat coblos (paku) serta tinta yang harus dipakai paska menyoblos. “Kita mencoblos di bilik suara, terus dimasukan ke kotak suara,” jelasnya kepada siswa-siswa.

Selanjutnya, satu persatu dari peserta melakukan simulasi pencoblosan dari tahap pertama, memperoleh surat suara, mencoblos, memasukan surat suara ke kotak suara sampai menyelupkan jarinya ke tinta.

Setelah simulasi selesai, Kasworo mengajak peserta belajar sambil bermain. Ia memberikan pertanyaan untuk dijawab oleh siswa. Siswa menuliskan jawabannya dalam papan scrable dengan mengambil huruf dari kotak yang masih acak. Peserta juga dipersilakan melihat foto-foto dokumentasi kegiatan Pemilu di tahun-tahun sebelumnya agar peserta bisa lebih mengerti situasi Pemilu yang sebenarnya.

Seluruh peserta mengikuti setiap prosesi kegiatan ini. Umi mengucapkan terimakasih kepada KPU Kabupaten Banyumas di penghujung acara. “Semoga bisa menjadi bekal untuk siswa-siswa kami,” tandasnya. Dan sebagai penghargaan atas semangat peserta dalam belajar, KPU Kabupaten Banyumas memberikan cenderamata berupa bolpoin dan gelas mug berstiker Rumah Pintar Pemilu (RPP) kepada setiap peserta dan pendamping. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!