Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Sukseskan Rumah Pintar Pemilu, KPU Banyumas Maksimalkan Fungsi Ruang

PURWOKERTO, kab-banyumas.kpu.go.id – Menindaklanjuti Surat Edaran Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 54/KPU/I/2017 tanggal 16 Januari 2017 perihal Pembentukan Rumah Pintar Pemilu Tahun 2017, KPU Kabupaten Banyumas melaksanakan rapat persiapan pada hari Rabu (01/02) di Aula KPU Kabupaten Banyumas. Dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Banyumas Unggul Warsiadi, rapat dihadiri oleh Komisioner, Sekretaris, para Kasubbag dan para staf yang terkait.

Berdasarkan petunjuk teknis program dan kegiatan daftar isian pelaksanaan anggaran tahun 2017, ada 4 klasifikasi ruangan yang perlu disiapkan terkait pembentukan pusat pendidikan pemilih atau rumah pintar pemilu, yaitu ruang audio visual, ruang display, ruang simulasi dan ruang diskusi.

Pembahasan pengaturan ruang menjadi salah satu bahasan terkait keterbatasan ruang yang tersedia. Dari hasil rapat disepakati ruang audio visual disiapkan dengan fungsi ganda sebagai ruang diskusi sedangkan untuk ruang simulasi, KPU Banyumas tidak menyiapkan ruang khusus tapi memanfaatkan ruang display.

“Kita dapat memaksimalkan fungsi ruang display yang sudah kita miliki, yang didalamnya juga sudah terpasang data dinding atau papan informasi kepemiluan, tinggal dilengkapi dengan rak atau lemari display sebagai wadah bahan atau alat peraga pemilu seperti contoh surat suara, formulir dan sebagainya serta maket atau diorama di tempat pemungutan suara (TPS),” ujar Sekretaris KPU Kabupaten Banyumas Hirawan Danan Putra.

Disampaikan pula oleh Hirawan untuk mengoptimalisasi rumah pintar pemilu ini, perlu dilakukan fasilitasi baik dalam bentuk penerimaan kunjungan rumah pintar pemilu maupun kegiatan pendidikan pemilih yang menjangkau masyarakat secara langsung. Kegiatan pendidikan pemilih yang sudah berjalan dan akan tetap dilanjutkan yaitu KPU Visit baik pembelajaran di Sekolah, perkuliahan di Universitas maupun pendidikan pemilih keliling ke masyarakat umum.

Pembentukan Rumah Pintar Pemilu merupakan program prioritas nasional KPU terkait pendidikan pemilih yang pada tahun 2017 dicanangkan di 15 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi / Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dan 273 KPU Kabupaten/Kota. (sari)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!