Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Tahap Pendaftaran Selesai, KPU Banyumas Terima Berkas 10 Parpol

Purwokerto – Berdasarkan tahapan pendaftaran Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu Tahun 2019, Senin (16/10) adalah hari terakhir dalam masa tahapan penyerahan berkas persyaratan Parpol. Khusus di hari tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas buka sampai dengan pukul 24.00 WIB untuk melayani penerimaan berkas Parpol. Sampai tahapan tersebut ditutup, tercatat ada sepuluh Parpol yang berkasnya dinyatakan diterima oleh KPU Kabupaten Banyumas.

Parpol-parpol yang dinyatakan sudah diterima oleh KPU Kabupaten Banyumas adalah PDI Perjuangan dengan jumlah 1856 berkas, Partai Perindo 1246 berkas, PAN 1399 berkas, PSI 1005 berkas, Partai Nasdem 1229 berkas, Partai Garuda 1060 berkas, PPP 1152 berkas, Partai Golkar 1538 berkas, PKS 2021 berkas dan Partai Berkarya 1017 berkas. Berkas yang mereka serahkan kepada KPU Kabupaten Banyumas merupakan bentuk pemenuhan persyaratan pendaftaran Parpol calon peserta Pemilu Tahun 2019. Sedangkan pendaftaran Parpol dilakukan oleh Dewan Pimpinan Pusat masing-masing Partai. “Pendaftaran dilakukan oleh DPP Masing-masing Parpol kepada KPU Republik Indonesia,” Kata Unggul selaku Ketua KPU Kabupaten Banyumas.

KPU Kabupaten Banyumas menyatakan “menerima” hanya untuk berkas Parpol yang hitungannya sudah sesuai dengan data yang ada di dalam aplikasi Sistem Informasi Partai dan Politik (SIPOL) KPU Republik Indonesia. Sedangkan bagi Parpol yang belum diterima, KPU Republik Indonesia sudah mengaturnya di dalam Surat Edaran nomor 585. Dalam ayat 3 poin “a” menyebutkan bahwa berkas Parpol yang masih terdapat kekurangan atau belum mengisi atau belum mengupload berkas ke dalam Sipol, Parpol yang bersangkutan masih diberi kesempatan untuk melengkapinya dalam waktu 1 x 24 jam terhitung sejak berakhirnya waktu pendaftaran tanggal 16 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB. “KPU masih memberi ruang bagi partai di tingkat pusat yaitu 1x 24 jam untuk melakukan entry data,” kata Unggul. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!