Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

TELITI BERKAS PERSYARATAN BACALEG, KPU BANYUMAS LIBATKAN KEMENAG DAN DINDIK

Sesuai dengan tahapan Pemilu Tahun 2019, sudah tiga hari ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas melakukan penelitian kelengkapan dan keabsahan berkas persyaratan perbaikan bakal calon legislatif Anggota DPRD Kabupaten Banyumas. Sebagaimana termaktub dalam Peraturan KPU tentang tahapan Pemilu, penelitian ini berlangsung selama tujuh hari sejak tanggal 1-7 Agustus 2018 di kantor KPU Kabupaten Banyumas.

Berkas yang diteliti merupakan berkas perbaikan yang diserahkan oleh penghubung partai politik peserta Pemilu Tahun 2019 pada saat masa perbaikan kemarin. Petugas mengecek satu persatu berkas bakal calon, apakah berkas tersebut sudah lengkap dan absah sebagaimana yang dipersyaratkan.

Ikhda Aniroh, anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Teknis mengatakan bahwa penelitian ini dilakukan dengan seteliti mungkin. Ia mengharapkan tidak ada kekeliruan yang ditemukan selama tahapan penelitian ini.

“Satu persatu berkas kami cek. Berkasnya asli atau tidak dan juga masih berlaku atau tidak,” ungkap Ikhda.

Penelitian ini melibatkan masing-masing satu perwakilan dari Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Mereka membantu KPU Kabupaten Banyumas dalam penelitian berkas ijazah bakal calon.

Ikhda melanjutkan, jika ada berkas bakal calon yang tidak lengkap atau tidak sah, maka dia ditetapkan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan tidak akan ditetapkan ke dalam Daftar Calon Sementara (DCS).

Setelah penelitian ini selesai, KPU Kabupaten Banyumas akan menyusun DCS selama lima hari setelahnya dan akan mengumumkannya pada Minggu, 12 Agustus 2018.  [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!