Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Tingkatkan Kedewasaan Berpolitik Untuk Demokrasi Berbudaya dan Beretika

PURWOKERTO, kab-banyumas.kpu.go.id – Pelajar sebagai pemilih pemula hendaknya menjadi partisipan yang aktif, pemilih yang cerdas dan kritis dalam setiap penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu). Hal ini disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas Unggul Warsiadi dalam kegiatan sosialisasi etika, budaya dan politik dalam kerangka penguatan wawasan kebangsaan dan ideologi negara bagi pelajar yang diselenggarakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Kantor Kesbangpol Kabupaten Banyumas, Senin (27/3).

“Dalam demokrasi, partisipasi politik melalui penggunaan hak pilih dalam pemilu merupakan hal penting dan sangat diperlukan demi keberhasilan dan kualitas hasil pemilu tersebut,“ kata Unggul kepada para peserta yang terdiri dari siswa/i Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) di wilayah Purwokerto dan Ajibarang. Dalam paparannya, Unggul juga menjelaskan mengenai pengertian pemilu, sistem pemilu, jenis pemilu dan syarat-syarat sebagai pemilih.

Bertempat di Gedung KORPRI Purwokerto, kegiatan yang bertemakan “Meningkatkan kedewasaan berpolitik dalam rangka mewujudkan demokrasi yang berbudaya dan beretika” ini diisi juga oleh Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Banyumas, Setia Rahendra dan Akademisi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jendral Soedirman Purwokerto, Tri Wuryaningsih.

Antusias dari peserta terlihat cukup tinggi dengan banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab kepada para narasumber. Diharapkan kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan pengetahuan kepemiluan bagi pemilih pemula demi meningkatnya partisipasi pemilu di Kabupaten Banyumas dan Provinsi Jawa Tengah pada Pilkada Serentak, Juni 2018 mendatang. (sari)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!