Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Banyumas Audiensi dengan Ormas dan LSM

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Meski tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Banyumas baru akan dimulai sekitar tujuh bulan lagi namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas merasa perlu untuk menginformasikan sedini mungkin mengenai Pilkada Serentak kepada masyarakat,” ujar Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi saat membuka acara Audiensi KPU dengan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di wilayah Kabupaten Banyumas, Senin (13/2).

Bertempat di aula KPU Kabupaten Banyumas, kegiatan audiensi dihadiri oleh para pimpinan Ormas dan LSM di Kabupaten Banyumas, Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas dan perwakilan dari Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Banyumas.

Ormas dan LSM memiliki peranan yang penting dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada antara lain dapat menjadi pendorong bagi anggotanya untuk berpartisipasi aktif baik menjadi calon peserta Pilkada, menjadi penyelenggara baik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Pemungutan dan Penghitungan Suara (KPPS), Pengawas Pemilu ataupun menjadi Pemantau.

“Setidaknya Pimpinan Ormas dan LSM dapat turut membantu meningkatkan partisipasi pemilih dengan memandu para anggotanya agar aktif menggunakan hak pilihnya,” kata Imam Arif Setiadi, Anggota KPU Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat.

Perihal usaha peningkatan partisipasi pemilih khususnya pada penyelenggaraan Pilkada Bupati dan Gubernur di Kabupaten Banyumas bulan Juni 2018 nanti, peserta audiensi memberi masukan antara lain agar KPU melakukan kajian atau riset khusus terhadap penurunan partisipasi pemilih, sosialisasi melalui pendekatan agama, Ormas dan LSM serta peningkatan kualitas penyelenggara, pemilih dan calon peserta Pilkada.

Pada akhir acara, Imam mengajak para peserta untuk turut meminimalisir money politic yang kerap terjadi di masyarakat. Diharapkan dengan adanya komitmen bersama ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak Tahun 2018  sehingga menghasilkan pemimpin daerah yang lebih berkualitas. (sari)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!