Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

UNDANG ANGGOTA DPRD, KPU BANYUMAS KENALKAN HASIL-HASIL PEMILU 2019

Anggota KPU Banyumas bersama tiga Anggota DPRD Kabupaten Banyumas Dapil 4 sedang mendengarkan aspirasi dari pengurus kelompok tani, Senin (21/10)

Jatilawang– Kegiatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas pasca tahapan Pemilu salah satunya adalah menyebarluaskan informasi tentang hasil-hasil Pemilu 2019. Untuk itu, melalui kegiatan KPU Visit KPU Banyumas turun langsung untuk mengenalkan siapa-siapa saja para wakil rakyat yang terpilih. Salah satu kelompok sasaran yang dikunjungi adalah Kelompok Pemuda Tani Mlethek Srengenge dan Kelompok Wanita Tani Pelangi di Desa Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Senin (21/10).

Pada kesempatan itu, KPU Banyumas bahkan langsung menghadirkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyumas hasil Pemilu 2019. Dari 8 (delapan) anggota DPRD dari Dapil Banyumas 4, 3 (tiga) orang berkesempatan hadir.

Menurut Yasum Surya Mentari, tujuan dari kegiatan KPU Visit ini selain menyebarluaskan informasi hasil-hasil Pemilu juga memberikan pendidikan pemilih tentang apa yang harus dilakukan masyarakat setelah para calon telah menduduki jabatan sebagai anggota di badan legislatif. Yasum menambahkan, tugas KPU tidak hanya menjadi penyelenggara dalam setiap tahapan Pemilu, tetapi juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan pemahaman urgensi dan tugas-tugas dari lembaga yang dibentuk oleh Pemilu. “Umumnya masyarakat kurang memiliki pemahaman tentang tugas-tugas dari anggota dewan, misalnya. Atau bagaimana mekanisme menyalurkan aspirasi dan bagaimana mengontrol kinerja para anggota yang terpilih”, jelas anggota KPU Banyumas yang membidangi Parmas dan SDM ini.

Untuk itu, pihaknya berinisiatif untuk menghadirkan langsung para anggota dewan yang terpilih. “Kita sebelumnya secara kelembagaan telah bersurat kepada pimpinan DPRD untuk bersedia menghadirkan para anggota dewan sesuai dapilnya masing-masing. Kita juga secara pribadi menghubungi para anggota. Prinsipnya, KPU memberikan kesempatan kepada seluruh anggota untuk mengenalkan diri dan menyampaikan apa yang sedang dan akan dilakukan selama lima tahun ke depan”, katanya.

Tugas Pokok DPRD

Pada kesempatan itu, hadir Yuningsih (Fraksi Partai Gerindra), Dodet Suryondaru Maduranto (Fraksi Partai Golkar) dan Wawan Yuwandha (Fraksi PDI-Perjuangan). Ketiganya adalah anggota DPRD dari Dapil Banyumas 4 yang meliputi Kecamatan Kebasen, Rawalo, Jatilawang dan Wangon.

Anggota DPRD Kabupaten Banyumas Dapil 4 yang hadir: Yuningsih (Fraksi Partai Gerindra), Dodet Suryondaru Maduranto (Fraksi Partai Golkar) dan Wawan Yuwandha (Fraksi PDI-Perjuangan)

Sebagai anggota baru, Yuningsih merasa dirinya baru mulai belajar tentang tugas-tugas pokok DPRD. Tetapi dirinya berkomitmen untuk mengembangkan ekonomi kelompok perempuan yang tergabung dalam kelompok wanita tani. “Saya juga sebagai ibu rumah tangga, pikirannya ya bagaimana perempuan dapat memiliki pendapatan tambahan untuk membantu ekonomi keluarga”, ujarnya. Perempuan yang juga mantan kepala desa ini juga berharap ada program-program dari kelompok tani yang nantinya dapat disinergikan.

Sementara itu, Dodet memberikan penjelasan tentang tugas, pokok dan fungsi DPRD. Menurut legislator asal Kecamatan Rawalo ini, fungsi DPRD di tingkat kabupaten kurang lebih sama dengan fungsi badan legislatif di tingkat desa yakni BPD. “Sama saja prinsipnya, kalau di kabupaten ada DPRD untuk legislatif. Kalau di desa legislatifnya adalah BPD. Kalau di desa eksekutifnya ada Kepala Desa, kalau di kabupaten ada Bupati”, terang anggota DPRD yang telah dua kali menjabat ini.

Dihadapan para peserta yang hadir, Dodet menambahkan, DPRD memiliki tiga fungsi, yaitu fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. Menurutnya, fungsi legislasi menuntut DPRD untuk menyusun peraturan daerah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Lalu, fungsi anggaran dalam hal DPRD menjadi mitra eksekutif dalam menetapkan anggaran dan belanja daerah dan terakhir fungsi pengawasan, yakni fungsi DPRD dalam mengawasi jalannya pelaksanaan pemerintahan daerah.

Pada kesempatan ketiga, Wawan yang juga mantan Kepala Desa Tumiyang, Kebasen ini, menyampaikan menjadi anggota dewan siap untuk di-bully, karena masyarakat banyak memandang DPRD dari sisi yang negatif saja. Padahal, banyak sekali kerja-kerja dewan yang tidak terlihat tetapi sangat dirasakan oleh masyarakat. Dia mencontohkan, DPRD memiliki kewenangan untuk menetapkan alokasi anggaran daerah untuk jaminan kesehatan warga yang tidak mampu. Tetapi dirinya akan siap untuk mendengar apa saja yang menjadi keluhan dari masyarakat. “Kami (sudah siap) tatag (kuat menghadapi-red) keluhan-keluhan masyarakat. Ibaratnya kalau ada 100 keluhan, kami sudah siap untuk menampung mana-mana yang perlu ditindak-lanjuti mana yang tidak”, ujarnya.

Respon Positif

Foto bersama Kelompok Pemuda Tani Mlethek Srengenge dan Kelompok Wanita Tani Pelangi di Desa Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang

Warga yang hadir tampak antusias mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh KPU Banyumas. Mulyati (39), salah seorang anggota kelompok wanita tani menanyakan pembagian komisi-komisi di DPRD Kabupaten Banyumas dan bagaimana cara untuk menyampaikan aspirasi. Sedangkan Sudikto (60), menanyakan kelanjutan program pemberian bantuan pembibitan sapi yang pernah dijanjikan oleh pemerintah. Sedangkan Makhroni (45) selaku pengurus kelompok tani menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada KPU yang telah mengenalkan sekaligus menghadirkan para anggota dewan. “Ini sesuatu yang spesial karena kami dapat langsung berdialog dengan para wakil rakyat “, ujarnya. Di akhir acara, anggota KPU Banyumas Hanan Wiyoko menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para anggota dewan yang bersedia hadir. Dia berharap dengan adanya dialog dua arah antara para anggota dewan dan konsituennya akan mengurangi sumbatan-sumbatan antara pemilih dan wakilnya. Dia juga menyampaikan KPU Banyumas juga akan melaksanakan kegiatan serupa di Dapil yang lain. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!