Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

WASLAM: PPDP, BEKERJALAH SESUAI REGULASI YANG ADA

PATIKRAJA-www.kab-banyumas.kpu.go.id PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih-red) diminta untuk bekerja sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 tahun 2017 tentang Pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih Pilkada 2018 dan surat edaran KPU serta instruksi PPS. Demikian salah satu amanat Waslam Makhsid kepada para PPDP se-Kecamatan Patikraja pada saat kegiatan Apel Coklit (Pencocokan dan Penelitian-red) Serentak, Sabtu (20/1) lalu, di lapangan Kantor Camat Patikraja. “PPDP Saya minta untuk bekerja sesuai dengan regulasi yang ada dan laksanakan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku”, kata anggota KPU Kabupaten Banyumas yang membidangi pemutakhiran data pemilih ini. Menurut rencana, kegiatan coklit dilaksanakan mulai 20 Januari sampai dengan 18 Februari 2018 mendatang.

Lebih lanjut, Waslam menyampaikan bahwa tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih merupakan tahapan krusial di setiap Pemilu maupun pemilihan. Sebab, menurut mantan ketua PPK Somagede ini, valid atau tidaknya daftar pemilih mempengaruhi tahapan pemilihan atau pemilu lainnya. Dia mencontohkan, surat suara yang akan dicetak oleh KPU bersumber dari rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT). Surat suara dicetak berdasarkan rekap DPT, maka manakala DPT tidak valid dapat menyebabkan kekacauan tahapan pengadaan surat suara dan logistik perlengkapan pemungutan suara lain. Pada akhir amanatnya, Waslam menginstruksikan kepada para PPDP agar pada hari pertama setidaknya melaksanakan coklit di 5 rumah. “Hari ini sesuai arahan KPU, PPDP setidaknya ada lima rumah yang dicoklit”, tegasnya.

Apel Coklit serentak merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia bagi daerah yang sedang melaksanakan Pilkada 2018. Selain dihadiri oleh PPDP, Apel Coklit Serentak juga dihadiri oleh Muspika, PPK, PPS, Panwascam, dan PPL.

Coklit Ketua DPRD dan Bakal Calon

Setelah Apel selesai, Waslam beserta PPK, PPS, Panwascam dan Muspika mendampingi PPDP melakukan coklit kepada Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, Juli Krisdiyanto, di kediamannya di Desa Notog, Kecamatan Patikraja. Sesuai Formulir A.KWK, Juli dan keluarganya masuk dan dicatat sebagai pemilih di TPS 6. Setelah coklit selesai, PPDP memasang formulir A.A.2-KWK atau stiker tanda telah dicoklit di pintu rumah politisi PDI-Perjuangan itu.

Selain Juli, beberapa tokoh masyarakat, agama dan budaya di Kabupaten Banyumas juga dicoklit secara serentak pada hari pertama oleh para PPDP sesuai dengan alamat domisili, tak terkecuali bakal calon Bupati dan Wakil Bupati. Bakal Calon Bupati Mardjoko dicoklit oleh PPDP Kelurahan Kober, Kecamatan Purwokerto Barat dan Bakal Calon Bupati Achmad Husein di Desa Pasiraman Lor, Kecamatan Pekuncen. Untuk Bakal Calon Wakil Bupati, hanya Sadewi Tri Lastiono yang dicoklit. Sementara Bakal Calon Wakil Bupati Ifan Haryanto tidak terdaftar sebagai pemilih di Kabupaten Banyumas, sehingga tidak dilakukan coklit. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!