Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

WUJUDKAN PEMILU 2019 YANG AMAN, DAMAI DAN SEJUK UNSUR TIGA PILAR JUNJUNG TINGGI NETRALITAS

 

Apel tiga pilar yang diikuti Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa/ Lurah se – Kabupaten Banyumas merupakan salah satu upaya menyukseskan Pemilu 2019 mendatang. Apel dilakukan di alun – alun Purwokerto pada Selasa (02/10) dipimpin langsung oleh Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono M.M, M.Hum dan Pangdam IV Diponegoro, Mayjend TNI Wuryanto.

Apel tiga pilar digelar oleh Kapolda Jawa Tengah untuk menguatkan soliditas antara tiga unsur utama (Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala desa/ lurah) dalam pengamanan wilayah khususnya menjelang Pemilu 2019. Dalam acara tersebut turut hadir Bupati Banyumas Ahmad Husein, Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto, Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jawa Tengah Kombes Pol Djuwito, para Bhabinkamtibnas, Babinsa serta para Kepala Desa / Lurah seluruh Kabupaten Banyumas.

Melalui pidatonya, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono menyampaikan rasa terima kasih serta apresiasi kepada tiga pilar utama di Kabupaten Banyumas yang telah membangun soliditas sehingga tercipta suasana yang kondusif pada kegiatan kemasyarakatan, pembangunan dan keamanan di wilayah Kabupaten Banyumas. Selain itu, Kapolda Jawa Tengah menghimbau kepada tiga pilar utama Kabupaten Banyumas untuk mengelola wilayahnya agar aman, damai dan sejuk serta menjunjung tinggi netralitas pada Pemilu 2019 mendatang.

“Kita tadi sudah deklarasikan bersama netralitas TNI, Polri dan ASN, dengan netralitas itu menjadi roh kita untuk tetap dipercaya masyarakat dalam melayani dan mengamankan semua peserta pemilu dengan adil dan merata yang nantinya akan menyukseskan Pemilu 2019”

Senada dengan Kapolda Jawa Tengah, Pangdam IV Diponegoro Mayjend TNI Wuryanto menambahkan, tiga pilar utama Jawa Tengah telah berhasil menciptakan suasana yang kondusif pada Pilkada 2018 lalu. Namun Wuryanto mengharapkan ketiga pilar untuk tidak berpuas diri terhadap hasil yang telah dicapai, tetapi justru mengevaluasi apa yang belum maksimal pada Pilkada 2018 lalu untuk diperbaiki pada Pemilu dan Pileg 2019 mendatang.

“Suksesnya Pilkada 2018 di Banyumas bukan merupakan suatu kebetulan, melainkan karena kerja keras Bapak dan Ibu sekalian. Tetapi mari kita lihat apakah kita semua telah betul–betul melaksanakan tugas kita dengan baik sesuai dengan tugas, tanggungjawab serta peran dan fungsi. Kalau ternyata belum, mari kita sinergikan lagi soliditas di antara ketiga pilar utama dalam melayani dan mengamankan masyarakat” tuturnya

Dalam apel tersebut tiga pilar juga mendeklarasikan pernyataan sikap bersama. Pernyataan sikap tersebut disampaikan melalui beberapa poin penting diantaranya, bersikap netral pada pemilu 2019, tidak menggunakan wewenang dan memberikan dukungan politik dan keberpihakan kepada kontestan Pemilu, tidak memberikan fasilitas dinas atau fasilitas pribadi guna kepentingan politik kontestan Pemilu 2019, tidak memakai dan memasang atribut kontestan pemilu 2019 serta bersama sama menjaga kedamaian. Pada kesempatan tersebut pula beberapa perwakilan partai politik menyampaikan deklarasi damai. [slm]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!