Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

2021, KPU Banyumas Targetkan Open Data

Purwokerto, kab-banyumas.kpu,go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas akan melakukan Open Data (Data Terbuka) agar publik dapat memanfaatkan data kepemiluan secara optimal. Hal ini merupakan upaya mewujudkan komitmen untuk melakukan transparansi dan akuntabilitas kepada publik.

Open data saat ini menjadi kebutuhan publik agar data dapat diakses dan manfaatnya dioptimalkan,” kata Khasis Munandar saat kegiatan Evaluasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) dan Analisis Capaian Kinerja, bertempat di White Cafe, Purwokerto, Senin (21/12/2020).

Khasis menambahkan pihaknya akan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas untuk mendapatkan akses pada perangkat lunak open data yang selama ini dikelola dan telah terhubung dengan Satu Data Indonesia. “Segera akan dikoordinasikan dengan Kominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) untuk teknisnya,” ujarnya saat ditemui usai acara.

Open Data adalah suatu konsep tentang data yang tersedia secara bebas untuk diakses dan dimanfaatkan oleh publik. Tujuannya sebagai upaya untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas, serta mendorong partisipasi masyarakat.

Melalui open data, nantinya data hasil pemilu, data rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT), data pemetaan kebutuhan logistik dan data kepemiluan lainnya mudah untuk diakses dan dalam bentuk yang siap digunakan. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!