Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

2023 atau 2024, KPU Banyumas Siap Kapan Pun Pilkada Dilaksanakan

Ketua KPU Banyumas Imam Arif S diantara dua narasumber: Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono dan Anggota Bawaslu Banyumas, Yon Daryono

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – “Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas siap kapan pun pemilihan kepala daerah dilaksanakan, baik di tahun 2023 maupun 2024,” tegas Ketua KPU Kabupaten Banyumas,  Imam Arif S. saat menjadi narasumber dalam acara Bawaslu Ngobrol (BAWOR) edisi 33 yang mengusung tema “Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada 2023”, Senin (8/2/2021). Disiarkan langsung melalui Live Streaming Bawaslu Banyumas, hadir pula narasumber Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono dan Kordiv Pengawasan dan Hubal Bawaslu Kabupaten Banyumas Yon Daryono.

Dalam acara ini Tungguh Kasiyanto Staf Bawaslu Banyumas selaku moderator menyampaikan dua pertanyaan utama kepada narasumber. Pertama mengenai kesiapan dalam menghadapi Pilkada 2023, dan yang kedua terkait anggaran Pilkada.

“KPU Banyumas sejak bulan Juli 2020 sudah intensif koordinasi terkait pengajuan anggaran kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas. Untuk pemilihan yang akan datang, diajukan anggaran 90 miliar yang mencakup 14 item. Menilik pengalaman Pilkada 2018, dimana ada sharing dengan Pemerintah Provinsi, dari pengajuan 58 miliar, akhirnya Pemda Banyumas hanya menyiapkan 22,5 miliar. Kedepan kalau Pilkada-nya bareng dengan Gubernur maka kita akan sharing,” ujar Imam.

Dari sisi data pemilih, KPU Banyumas terus melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan walaupun di tahun 2021 tidak ada Pilkada, bukan sekedar berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil), KPU Banyumas juga turun langsung ke desa, sekolah, maupun kampus agar data pemilih tersebut valid.

Imam juga menyampaikan semangat dari KPU Banyumas yang tertuang dalam tagline KPU Banyumas di tahun 2020 “Jenggirat” walaupun adanya pandemi covid-19 KPU Banyumas tetap aktif dan turut berkontribusi yang akhirnya mendapat penghargaan sebagai lembaga informatif dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah. Kemudian pada tahun 2021 tagline KPU Banyumas “SIGAP” sehingga banyak muncul kegiatan pendidikan pemilih yang nyaris tidak bersumber dari DIPA sama sekali.

“Alhamdulillah kita bekerjasama dengan kampus, sekolah, dan komunitas, serta KPU dibantu oleh mahasiswa magang, yang ingin saya sampaikan walaupun anggaran tidak banyak tetapi kami tetap semangat bekerja,” tutur Imam di akhir acara. (asn/ed_sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!