Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Anggota DPD Jateng, Abdul Kholik Kunjungi KPU Banyumas

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Senin (3/8/2020) siang menerima kunjungan kerja dari anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dapil Provinsi Jawa Tengah periode 2019-2024, Dr. Abdul Kholik, S.H., M.Si. Kunjungan singkat senator kelahiran Cilacap, 19 Juli 1968 ini diterima Ketua KPU Banyumas beserta anggota serta sekretaris dan para kasubag di aula.

Ketua KPU Banyumas, Imam Arif Setiadi didampingi empat orang anggota, yakni Suharso Agung Basuki, Hanan Wiyoko, Yasum Surya Mentari, dan Khasis Munandar menyambut kedatangan alumni Fakultas Hukum (FH) Unsoed ini dengan bersahabat. Imam mengatakan, selama dua periode menjabat dirinya baru kali ini ada anggota DPD asal Jawa Tengah yang berkunjung ke KPU.

Saat memberikan sambutan, Ketua KPU mengatakan, meski tidak melakukan tahapan Pilkada 2020, KPU Kabupaten Banyumas terus berkegiatan. Diantaranya, pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (PDPB), sosialisasi kepemiluan melalui diskusi virtual, dan optimalisasi media sosial institusi.

Sementara itu, Abdul Kholik dalam sambutannya mengapresiasi kinerja KPU Kabupaten Banyumas dan KPU kabupaten/kota lain di Jawa Tengah yang telah menggelar Pemilu 2019 dengan baik dan lancar. Sebagai wakil Jawa Tengah yang berasal dari wilayah Jateng selatan, memiliki mimpi politik untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi angka kemiskinan di Jawa Tengah diantaranya melalui kerjasama kawasan/kabupaten.

Senator kelahiran Kecamatan Cipari, Cilacap ini juga menyampaikan informasi terkait perkembangan kekinian revisi UU Pilkada. Revisi penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pilkada dan kualitas hasil Pilkada dengan terlahirnya pemimpin-pemimpin daerah yang bersih dari korupsi dan berintegritas.

“Kami menginisiasi adanya uji publik calon untuk memberi pembobotan pada proses pencalonan di tingkat partai politik. Dengan adanya perbaikan proses pencalonan diharapkan dapat menghindari calon tunggal,” kata Abdul Kholik yang selama berbicara mengenakan masker.

Selain itu ia juga memberi perhatian pada proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (PDPB). Hal ini relevan dengan apa yang saat ini sedang dilakukan oleh KPU. Menurutnya, proses penyusunan daftar pemilih dilakukan secara berkesinambungan dari Data Penduduk Potensi Pemilih Pemilihan (DP4) yang dimutakhirkan KPU dan diawasi oleh Bawaslu. Kemudian setelah menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) diuji publikkan untuk dilakukan perbaikan bila terdapat kekeliruan dalam DPT perbaikan.

Diakhir acara, dilakukan foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan. Sekilas informasi, Abdul Kholik adalah salah satu dari 4 anggota DPD Jawa Tengah. Tiga anggota DPD lainnya adalah Denty Eka Widi Pratiwi, Casytha A Kathmandu, dan Bambang Sutrisno. (hwo)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!