Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Antisipasi COVID-19, KPU Banyumas Adakan Tes Usap

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Setelah sebelumnya melakukan rapid test, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas mengadakan tes usap (swab) bagi seluruh komisioner dan kesekretariatan, Selasa (8/12/2020) pagi. Kegiatan ini sebagai wujud keseriusan KPU Banyumas melakukan pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan kantor.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dan diadakan di ruang aula. Masing-masing peserta tes usap diminta mengisi biodata dan riwayat kesehatan. Termasuk di dalamnya terdapat isian kemungkinan bepergian ke luar kota selama 14 hari terakhir dan kontak erat dengan pasien Covid-19. Peserta juga diminta menuliskan nomor HP dan melampirkan fotokopi kartu identitas guna keperluan penelusuran nantinya.

Setelah keperluan administrasi terpenuhi, peserta tes kemudian menunggu giliran. Begitu nama peserta dipanggil, kemudian berpindah ke kursi yang disediakan. Setelah duduk, petugas akan mengambil sampel lendir dari saluran pernafasan melalui hidung dan tenggorokan. Pengambilan sampel berjalan cepat dan lancar hingga sebanyak 27 sampel dari seluruh komisioner dan kesekretariatan di KPU Kabupaten Banyumas.

Ketua KPU Kabupaten Banyumas Imam Arif Setiadi mengatakan, kegiatan ini merupakan perintah dari KPU Republik Indonesia. Ia berharap, tes usap ini menjadi cara efektif untuk mengetahui ada tidaknya orang yang terkena covid di kantornya.

“Sudah diadakan rapid di akhir November lalu dan hasilnya tidak ada yang reaktif. Semoga dengan tes swab ini juga tidak ada yang positif Covid-19,” kata Imam seusai mengikuti tes. Hasil tes usap akan diketahui beberapa hari kedepan setelah selesai dilakukan pemeriksaan.

Sekedar informasi, KPU Kabupaten Banyumas turut melakukan upaya pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan kantor dengan cara menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni anjuran mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, memakai masker, dan menjaga jarak serta tidak berkerumun. Selain itu, dilakukan juga upaya sosialisasi dengan memasang baliho ajakan pencegahan Covid di lingkungan kantor dan lokasi strategis di pelosok Kabupaten Banyumas. (hwo)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!