Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

ANTISIPASI SERANGAN HOAKS, KPU BANYUMAS SERIUS KELOLA BERITA ONLINE

PURWOKERTO– Pengalaman Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang kerap diserang berita bohong atau hoaks pada Pemilu 2019 mendorong jajaran KPU untuk meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan informasi secara online. Untuk itu, KPU Kabupaten Banyumas, Kamis (27-02-2020), melaksanakan pelatihan pengelolaan website yang diikuti oleh komisioner, pejabat struktural dan seluruh staf sekretariat. Pelatihan ini dipandu oleh Akbar Bahaulloh dari Puskomedia Purwokerto.                                                   

Menurut Imam Arif Setiadi, pada Pemilu 2019 KPU kewalahan untuk menangkis serangan berita bohong tentang Pemilu. Menurut Ketua KPU Banyumas ini, serangan berita bohong akan menyebabkan tidak hanya ketidakpercayaan publik terhadap penyelenggara, tetapi yang paling parah adalah mendeligitimasi hasil Pemilu. Untuk itu, pihaknya serius untuk menyiapkan sumber daya manusia yang andal dan perangkat yang memadai agar masyarakat menerima informasi yang benar. “Kita (pada Pemilu 2019) babak belur untuk meng-counter hoaks. Jangan sampai berita bohong mengganggu (tahapan) Pemilu”, kata Imam saat menyampaikan sambutan.

Imam menuturkan, pasca Pemilu 2019 KPU Banyumas fokus pada penyiapan SDM yang akrab dengan perkembangan teknologi informasi. Ia berharap seluruh pegawai KPU untuk akrab dengan dunia digital agar mampu menyesuaikan diri dengan kondisi saat ini.

Terlebih lanjut, KPU tengah menyiapkan diri untuk digitalisasi Rumah Pintar Pemilu (RPP). Untuk itu, ia menyatakan akan memperbanyak pelatihan-pelatihan serupa. “Nanti akan dikoordinasikan dengan sekretariat, untuk bisa diperbanyak pelatihan-pelatihan semacam ini”, tutur Imam. (SPA)

 

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!