Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Bangun Integritas Pemilu Melalui Media Sosial

Noudhy Valdryno, Politics and Government Outreach Facebook Asia Pacifik perwakilan Indonesia sebagai salah satu pembicara dalam Webinar KPU Provinsi Jawa Tengah, Selasa (23/06/2020)

PURWOKERTO – Integritas pemilu atau election integrity dalam media sosial sangat penting bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai lembaga penyelenggara pemilu untuk mendapatkan sentimen positif dan kepercayaan dari masyarakat atau pemilih.

Hal ini disampaikan oleh Noudhy Valdryno, Politics and Government Outreach Facebook Asia Pacifik perwakilan Indonesia dalam webinar bertema “The New Normal: Peran Media Sosial dalam Pemilihan 2020”, yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah, Selasa (23/06/2020).

Selanjutnya Noudhy Valdryno yang akrab disapa Ryno berbagi tips pengelolaan media sosial facebook yang efektif kepada Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan staf yang membidangi kehumasan di lingkungan KPU Provinsi dan KPU kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Ditengah banjirnya informasi yang beredar di media sosial dan terbatasnya kemampuan konsumsi informasi dari pengguna media sosial, diperlukan kreatifitas dalam pembuatan konten serta tepatnya waktu penyampaian agar informasi sampai dengan efektif dan maksimal. Konten yang substansial, interaktif, autentik dan tepat waktu, serta kejelasan informasi lebih berhasil menarik perhatian pengguna media sosial.

Konsistensi dalam penyampaian informasi serta interaksi positif harus terus dijaga. Khususnya terkait berita-berita hoaks serta pemilahan komen substansial yang perlu dijawab.

“Di saat inilah KPU harus hadir untuk menyampaikan dengan sejelas-jelasnya tentang informasi yang benar, sehingga terbangun kepercayaan dari pengguna media sosial,” kata Ryno dalam paparannya.

Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Sosdiklih Parmas Diana Ariyanti sebagai pemantik diskusi juga mengajak seluruh KPU Kabupaten/Kota di Jawa Tengah untuk lebih memaksimalkan akun media sosial yang dimiliki. Diharapkan dari hasil diskusi webinar ini, penyampaian informasi kepemiluan dari seluruh KPU Kabupaten/Kota dapat lebih efektif sehingga terjalin komunikasi yang lebih baik antara KPU dan masyarakat melalui media sosial. (SKS)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!