Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

BELAJAR INOVASI DIKLIH DAN KELEMBAGAAN DARI KPU KABUPATEN BANTUL DAN GUNUNGKIDUL

Kunjungan ke Omah Pemilu RPP KPU Kabupaten Bantul

BANTUL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul telah mengembangkan inovasi Pendidikan pemilih pemula melalui pelaksanaan Pemilos (Pemilihan Ketua OSIS) serentak untuk tingkat SMA sederajat dan belakangan tingkat SMP sederajat. Inilah yang menjadi inovasi sekaligus keunggulan Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kabupaten Bantul. “Alhamdulillah saat ini untuk sosialisasi dan ToT (Training of Trainers) semua sudah difasilitasi oleh Kantor Kesbang”, ujar Musnif Istiqomah saat rombongan KPU Banyumas datang berkunjung, Senin (16/12/2019), kemarin.

Menurut anggota yang membawahi divisi Parmas dan SDM ini, ToT diikuti oleh seorang guru PKn sebagai pendamping dan murid yang nantinya akan ditunjuk sebagai panitia pemilihan. Selanjutnya, seluruh biaya tahapan yang kurang lebih selama tujuh hari sejak penetapan calon sampai dengan rekapitulasi ditanggung oleh pihak sekolah. “Jadi praktis kami (KPU) tidak mengeluarkan biaya sepeserpun”, kata dia.

Meski begitu, pelaksanaan Pemilos sampai menjadi seperti sekarang bukan pekerjaan mudah. Ada banyak pihak, lanjut dia, yang harus diajak kerjasama dan diyakinkan bahwa pelaksanaan Pemilos merupakan kerja jangka panjang bagi penguatan demokrasi. “Kami harus yakinkan sekolah, Balai Dikmen, para guru dan siswa sendiri bahwa ini (Pendidikan pemilih pemula) merupakan tugas bersama bukan hanya KPU”, ungkap Musnif.

Lebih lanjut, pelaksanaan Pemilos terakhir untuk tingkat SMA sederajat pada 2019 yang lalu diikuti oleh sekitar 70 sekolah atau madrasah dari sekitar 96 SMA sederajat di Kabupaten Bantul. Sekolah yang belum mengikuti umumnya karena jumlah siswa yang sedikit.

Saat ditanya bagaimana antusiasme sekolah dalam mengikuti program ini, satu-satunya komisioner perempuan ini menjawab sekolah sangat antusias. Bagi sekolah program Pemilos disamping untuk pendidikan bagi para siswa, juga dinilai akan menjadi nilai tambah bagi sekolah yang melaksanakan.

“Bahkan bagi yang ketempatan untuk acara launching yang dihadiri oleh Bupati dan Forkompimda mereka justru berebut”, kata Musnif. Sebagai tindak lanjut dari Pemilus, Ketua OSIS terpilih nantinya akan dilantik secara serentak dan akan dijadikan agen Pendidikan pemilih dalam wadah KOMPAK (Komunitas Pelajar Peduli Demokrasi).

Disamping inovasi Pendidikan pemilih pemula melalui Pemilos, RPP KPU Kabupaten Bantul juga menggandeng pegiat perempuan seperti PKK dan Ormas Perempuan untuk menjangkau pemilih perempuan sampai ke RT dan RW.

Soliditas Lembaga

Audiensi dengan KPU Kabupaten Gunungkidul

Sebelumnya, rombongan KPU Kabupaten Banyumas juga berkesempatan untuk menimba pengalaman di KPU Gunungkidul terkait kelembagaan, Senin (16/12/2019). Hal ini tidak dapat dilepaskan dari prestasi KPU Kabupaten Gunungkidul yang berhasil menyabet penghargaan sebagai KPU Kabupaten/Kota terbaik kategori soliditas kelembagaan dan integritas tingkat Provinsi DIY tahun 2019.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Gunung Kidul, Ahmadi Ruslan Hani, pihaknya selalu menjaga kekompakan baik antar-komisioner maupun komisioner dengan sekretariat. “Kami sering adakan kegiatan gathering tujuannya untuk memupuk rasa kekeluargaan”, ujar anggota yang membawahi divisi keuangan, umum dan logistik ini. Terkait integritas satu yang ditanamkan adalah memperlakukan para peserta seadil mungkin. “Prinsipnya kami perlakukan peserta Pemilu secara setara”, ungkap Hani saat ditanya kunci sukses KPU Gunungkidul dalam menyelenggarakan Pemilu. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!