Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

BELAJAR PEMILU ITU ASYIK…

PURWOKERTO – Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Kamis (12/12/2019) pagi, tiba-tiba riuh. Anak-anak seumuran SD dan SMP berkumpul di aula memainkan games Ular Tangga Pemilu. Beberapa anak bertepuk tangan saat Riahta Boru Tarigan (15) berhasil menyalip teman lainnya karena berdiri di simbol tangga bertuliskan “Pemilu Berintegritas”.

Bagi Riahta dan teman-temannya, memainkan ular tangga dengan pesan-pesan kepemiluan merupakan pengalaman pertama. Selain ada ular tangga, RPP KPU Banyumas juga menyediakan Scrabble, yakni permainan menyusun kata yang dimainkan 2 atau 4 orang yang mengumpulkan poin berdasarkan nilai kosa kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan berkotak-kotak. Kelompok yang dapat menyusun kosa kata Pemilu terbanyak mendapatkan hadiah.

Riahta dan teman-temannya adalah anak-didik salah satu homeschooling Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) “Andalan Bangsa” (ANSA), Purwokerto. Mereka datang ke RPP untuk karena penasaran bagaimana rasanya menggunakan hak pilih di TPS seperti yang diceritakan tutor mereka.

Sebelum melakukan simulasi mencoblos surat suara, mereka diberi pengenalan singkat lembaga KPU, profil komisioner dan tugas wewenang KPU dalam Pemilu. Tidak lupa mereka juga diperlihatkan video singkat tentang demokrasi dan peran Pemilu dalam negara demokrasi.

Hanan Wiyoko, komisioner KPU Banyumas, yang bertugas menerima kunjungan menyatakan jika pihaknya menyambut gembira kehadiran anak-didik PKBM ANSA. Menurut anggota yang membidangi divisi teknis ini, semakin banyak yang berkunjung berarti semakin banyak pula masyarakat yang tahu tentang Pemilu. “Secara tidak langsung mereka calon-calon kader penyelenggara Pemilu yang potensial. Sebab, mereka dari dini sudah tahu tata cara mencoblos, cara menghitung surat suara dan surat suara yang sah dan tidak sah”, ujar Hanan ditemui di ruangannya.

Rausyan (16), salah seorang anak-didik, mengaku senang belajar kepemiluan melalui permainan-permainan. Dia juga jadi tahu seperti apa menjadi pemilih dan petugas TPS. “Saya jadi punya pengalaman menjadi pemilih dan petugas”, tutur laki-laki berkacamata ini. Kunjungan ke RPP KPU Banyumas ini merupakan kunjungan lanjutan dari PKBM ANSA, dimana satu pekan sebelumnya yang berkunjung adalah anak didik tingkat SMA. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!