Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

BERTAJUK GENDU-GENDU RASA, KPU BANYUMAS SOSIALISASIKAN TAHAPAN PILKADA 2018

Purwokerto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas gelar Sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2018 bertajuk gendu-gendu rasa di Lumbung Resto & Coffeehouse, Purwokerto pada Kamis (22/3) malam. Sosialisasi yang bertema “Gawe Banyumas Aman Tentrem Damai Seduluran” ini ditujukan kepada pasangan calon, tim kampanye, anggota partai, serta sejumlah stakeholder di Banyumas. Berdasarkan pengamatan www.kab-banyumas.kpu.go.id, terdapat ratusan peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutan pembukaannya, Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi menyampaikan bahwa sosialisasi ini ditujukan agar peserta selalu bisa mengikuti dan mengetahui tahapan-tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018 yang sedang dilaksanakan.

“Baru-baru ini KPU Banyumas sudah menetapkan Daftar Pemilih Sementara pada Rabu tanggal 14 Maret kemarin,” terang Unggul.

Ia melanjutkan, terdapat 1.331.670 jiwa yang terdaftar dalam dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) itu. Katanya, DPS itu akan diujipublikkan mulai hari Selasa tanggal 27 Maret 2018 agar mendapat tanggapan dan usulan dari masyarakat.

Unggul Warsiadi menyebutkan bahwa akan ada yang berbeda dalam uji publik yang akan dilaksanakan. Jika di periode sebelumnya uji publik dilakukan hanya dengan menempel DPS di tempat umum, maka uji publik kali ini akan dilakukan dengan mengundang 50 kepala keluarga per Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk melihat DPS itu. Jika di Banyumas terdapat 3181 TPS, maka akan ada 159.050 kepala keluarga yang akan dihadirkan untuk mengikuti uji publik. Namun selain itu, metode penempelan DPS di tempat publik juga tetap dilakukan.

Dalam kesempatan yang sama, Waslam Makhsid, anggota KPU Kabupaten Banyumas juga menyampaikan bahwa di masa uji publik DPS masyarakat dapat mengoreksi jika terdapat kekeliruan dalam daftar yang ditampilkan.

“Jika masih ada nama yang kurang atau malah lebih, silakan laporkan kepada ketua RT atau Panitia Pemungutan Suara setempat,” tandas Waslam. [rfk]

 

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!