Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

BIMTEK SITUNG, IKHDA ANIROH : APLIKASI INI AKAN MEMPERMUDAH PROSES REKAPITULASI SUARA

Purwokerto – Semakin dekat dengan hari pelaksanaan pemilihan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar Bimbingan Teknis Operator Aplikasi Penghitungan Suara (Bimtek Operator Situng) Pilkada Serentak Tahun 2018 di Restoran Oemah Daun, Purwokerto (29/5). Dalam kesempatan itu, Ikhda Aniroh selaku anggota KPU Kabupaten Banyumas yang menjadi narasumber menyampaikan, tujuan penggunaan aplikasi Situng adalah untuk membantu proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan.

“Aplikasi ini akan mempermudah proses rekapitulasi suara,” terang Ikhda.

Menurutnya, keunggulan Situng ini adalah kemampuannya mendeteksi terhadap kesalahan penghitungan pada formulir C-KWK dan C1-KWK.

“Jika ternyata ada yang salah hitung, maka aplikasi ini akan mendeteksi secara otomatis,” terangnya.

Ikhda melanjutkan, jika ditemui ada kesalahan penghitungan, maka PPK dengan persetujuan saksi dan panitia pengawas dapat memperbaiki kesalahan tersebut.

Dan dalam proses rekapitulasi ini, hasil akhir penghitungan suara yang sah adalah yang tertera dalam formulir DA1-KWK dan DAA-KWK.

Selain mempermudah rekapitulasi, terdapat pula Situng Pindai dan Situng Entri di tingkat KPU Kabupaten Banyumas. Menurut Ikhda Situng ini juga bisa mencegah terjadinya kecurangan pemalsuan data secara bertahap mulai dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) sampai ke KPU. Pasalnya, selain hasil penghitungan diinput ke dalam hard formulir, data itu juga akan diinput ke dalam Situng. Dengan demikian, keselarasan data akan selalu terjaga.

Bimtek tersebut disampaikan kepada seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) divisi teknis dan operator situng di Banyumas yang berjumlah 54 orang.

Pada mulanya, peserta ditugaskan untuk melakukan simulasi pengisian formulir C-KWK dan C1-KWK. Data tersebut yang pada akhirnya digunakan untuk latihan pengisian data ke dalam aplikasi Situng. [rfk]

 

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!