Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

BIMTEK TUNGSURA DAN REKAP DIPASTIKAN SAMPAI KPPS

SEMARANG – Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Tahun 2019 akan dilakukan berjenjang hingga tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Peserta Bimtek diharapkan melakukan praktik pengisian formulir C1 serta pengisian administrasi lain di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Demikian disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat saat membuka Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara, Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara serta Penetapan Hasil Pemilu 2019 di Aula Lantai 3 Kantor KPU Jawa Tengah, Rabu (22/11). Acara diikuti Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas dari 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah. Termasuk diikuti oleh KPU Kabupaten Banyumas.

“Muara dari Bimtek ini nantinya adalah kesiapan dari KPPS. Nantinya Bimtek harus dilakukan berjenjang sampai ke KPPS,” katanya.

Di depan puluhan peserta, Yulianto mengingatkan agar kesiapan teknis saat hari H harus dipersiapkan dengan detail dan rapi. Dengan pemahaman penyelenggara di tingkat TPS diharapkan dapat meminimalisir kesalahan.

“Puncaknya kegiatan Pemilu ada di pemungutan dan penghitungan suara hingga penetapan hasil. Ini harus dipersiapkan dengan baik,” katanya.

Selain itu, Yulianto juga menyampaikan beberapa hal penting terkait tahapan. Yakni, mengingatkan soal penyerahan Alat Peraga Kampanye kepada Parpol sebelum 23 November, pemutakhiran data pemilih, pengiriman logistik Pemilu dan pengadaan alat kelengkapan TPS.

Kegiatan Bimtek ini diadakan dua hari yakni Kamis-Jumat (22-23/11) bertempat di Kantor KPU Provinsi Jawa Tengah. Materi Bimtek meliputi pendalaman tentang draft pemungutan suara, penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara, pemaparan kesiapan logistik Pemilu, dan diskusi Daftar Inventaris Masalah terkait pemungutan suara, penghitungan, rekapitulasi, dan penetapan calon terpilih.

Anggota KPU Jawa Tengah, Putnawati menegaskan kesiapan Divisi Teknis harus mempersiapkan dengan detail dan matang, mengingat hal itu menjadi salah satu titik krusial Pemilu. [hwo]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!