Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Bincang Parpol Bersama Partai NasDem: Pentingnya Partisipasi Politik Bagi Kaum Millenial

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas kembali menghadirkan acara bincang parpol dalam segmentasi Ngobrol Demokrasi KPU Banyumas (NgoDeMas) pada Kamis (1/4/2021) melalui kanal YouTube resmi KPU Banyumas.

Pada edisi bincang parpol kali ini, KPU Banyumas mengundang Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang diwakili oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah, Djadjat Sudradjat. Sedangkan acara dipandu oleh Anggota KPU Banyumas Divisi Teknis Penyelenggaraan Hanan Wiyoko.

Acara tersebut dibuka dengan perkenalan profil narasumber dan juga seluk beluk Partai NasDem terutama perjalanan partai di Kabupaten Banyumas. Perbincangan kemudian dilanjutkan kepada kondisi sosial ekonomi masyarakat serta visi misi partai dalam membangun Kabupaten Banyumas.

Baca juga : KPU Banyumas Adakan Sosdiklih Bincang Parpol Bersama Nasdem

Djadjat mengungkapkan bahwa pendidikan politik bagi masyarakat itu perlu dilaksanakan terutama kepada golongan milenial yang perlu mengenal kondisi sosial-politik di masyarakat. Beliau juga menambahkan bahwa perlu adanya konsep “politik tanpa mahar” agar meningkatkan partisipasi bagi kaum muda Indonesia yang mana menurut pengakuannya, hal tersebut sudah diterapkan di dalam keanggotaan Partai NasDem.

“Saya kira, harapan kita semua adalah agar golongan muda bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan politik bangsa. Namun, jika kita perhatikan kondisi perpolitikan kita yang tak kunjung berubah, hal tersebut dapat memadamkan semangat partisipasi mereka karena umumnya golongan muda masih memiliki idealisme yang kuat,” imbuhnya.

Pria kelahiran Lumbir Banyumas ini menambahkan bahwa semua kalangan dari pemerintah, partai politik, hingga masyarakat perlu melakukan pemeliharaan demokrasi di Indonesia. Beliau menyebut bahwa demokrasi di Indonesia bukanlah sesuatu yang didapatkan, melainkan sesuatu yang diperoleh dengan kerja keras dan perjuangan.

Pada konteks pembahasan terkait pandemi yang masih berlangsung, Djadjat berharap adanya kerjasama antara pemerintah, partai politik, serta masyarakat. Hal tersebut perlu dilakukan mengingat pandemi di Indonesia yang semakin memprihatinkan. (mmb-ed sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!