Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Butuh Kerja Keras Untuk Menjadi Lembaga Yang Diapresiasi Publik

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Semua komponen harus bekerja keras agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas diapresiasi publik. Pencapaian sebagai lembaga informatif tahun lalu adalah bentuk apresiasi publik atas kinerja KPU Kabupaten Banyumas selama ini. Hal itu hendaknya dijadikan pijakan untuk menata diri menuju penyelenggaraan tahapan Pemilu atau Pemilihan yang akan datang.

Hal itulah yang menjadi salah satu poin pembahasan Rapat Pembahasan dan Penyusunan Perjanjian Kinerja yang diikuti oleh komisioner dan seluruh jajaran sekretariat, Senin (11/01/2021), di aula KPU Kabupaten Banyumas. “Mari kita bersama berikan yang terbaik sesuai dengan jabatan kita. Barangsiapa yang memberikan yang terbaik, maka semuanya niscaya akan kembali pada diri kita sendiri,” ajak Imam Arif S, mengutip salah satu ayat dalam kitab suci.

Imam berkomitmen tahun 2021, KPU Kabupaten Banyumas akan melaksanakan kegiatan baik berbasis anggaran maupun tidak. Menurutnya, jangan sampai publik menilai kalau tidak ada tahapan Pemilu atau Pemilihan, KPU tidak mengerjakan apa-apa. “Buatlah inovasi dan ide-ide untuk nyolok (menunjukan) bahwa kita juga berkontribusi meski tidak ada tahapan,” ajak Imam.

Untuk itu, beberapa program di tahun 2021 yang tidak semua berbasis anggaran sudah dicanangkan, seperti KPU Mengajar, Open Data dan KPU Fest.

Dia menyambut baik gagasan-gagasan yang muncul dari para pegawai. Salah satu yang akan ditindaklanjuti adalah kegiatan rutin forum sharing knowledge dan sharing experience yang menurut rencana akan diadakan sebulan sekali. Selain itu, agar ada semangat dalam melaksanakan tugas dia mengharapkan ada slogan yang berisi semangat sekaligus berisi filosofi yang melandasi seluruh kegiatan.

Kegiatan Non-DIPA

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol Kesehatan Covid19 ini selain membahas kegiatan-kegiatan yang berbasis pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), juga membahas rencana-rencana kegiatan yang tidak berbasis anggaran.

Menurut Kasworo, di tahun ini DIPA KPU Banyumas sebesar Rp 3,1 miliar, yang sebagian besar digunakan untuk belanja gaji dan tunjangan serta operasional perkantoran. Komponen kegiatanya lebih kurang sama dengan DIPA di tahun 2020. Maka dari itu, lanjut Sekretaris KPU Banyumas ini, perlu untuk dibahas dan direncanakan secara detail kegiatan-kegiatan yang menjadi unggulan KPU Banyumas seperti tahun-tahun sebelumnya.

“KPU Mengajar, Open Data dan fasilitasi magang mahasiswa akan kita laksanakan di tahun ini. Semua itu (dilakukan) agar publik tahu kinerja KPU meski tidak sedang Pemilu,” kata pria yang juga pernah menjabat sebagai Kasubag Teknis dan Hupmas ini.

Kasworo menjelaskan di tahun ini KPU Banyumas bertekad untuk memperbaiki capaian pada tahun sebelumnya. Komitmen KPU Banyumas untuk menjadi lembaga publik yang terbuka akan menjadi target kinerja di tahun 2021. “Tahun kemarin kita sudah dapat apresiasi menjadi lembaga yang informatif, tahun ini harus menjadi lembaga yang terbuka. Maka, seluruh personel diminta untuk mendukung komitmen itu,” ujarnya saat menjelaskan draft penyusunan target kinerja.

KPU Banyumas berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan yang tidak berbasis DIPA. Satu diantaranya adalah fasilitasi magang mahasiswa guna mendukung kurikulum Kampus Merdeka. Selain itu, program magang dapat dijadikan salah satu bentuk Pendidikan Pemilih, khususnya pemilih pemula dan pemilih muda sekaligus menyiapkan mereka untuk menjadi penyelenggara Pemilu di masa depan. Selama magang nantinya para mahasiswa tidak hanya belajar tugas-tugas rutin perkantoran sesuai dengan jurusannya masing-masing, tetapi juga akan diberikan pembelajaran khusus tata kelola Pemilu, baik dari segi teori maupun praktik. Berdasarkan kurikulum terbaru, waktu magang mahasiswa akan diperpanjang menjadi satu semester yang sebelumnya hanya selama satu bulan. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!