Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Cegah Money Politic Wujudkan Pemilihan Bersih

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.idMoney politic atau politik uang dalam tahapan pemilihan adalah cikal bakal korupsi. Hal ini perlu dicegah bersama, baik oleh penyelenggara pemilu khususnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), juga seluruh peserta pemilihan baik partai politik maupun pasangan calon serta masyarakat sebagai pemilih.

“Perlu komitmen dan integritas dari semua pihak demi terwujudnya pemilihan yang bersih. Semuanya harus jujur,”ujar Soeharso Agung Basuki, Anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Hukum dan Pengawasan, yang menjadi salah satu narasumber dalam Diskusi Bawaslu Ngobrol (Bawor), Jum’at (03/07/2020).

Diskusi dengan tema “Potensi Korupsi di Pilkada 2020” diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Banyumas dengan narasumber dari Bawaslu Banyumas yakni Saleh Darmawan, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan moderator Dwi Astuti Handayani, staf Analis Hukum Bawaslu Banyumas.

Saleh Darmawan menyoroti tingginya potensi money politic dalam Pilkada 2020 yang tahapannya berlangsung pada masa pandemic Covid-19. “Kondisi masyarakat yang terdampak ekonominya berpotensi memicu terjadinya politik uang dalam upaya memperoleh suara pemilih,” jelas Saleh yang memiliki latarbelakang sebagai advokat.

Diharapkan dengan masifnya edukasi kepada masyarakat agar tidak menjadi pemicu politik uang serta komitmen bersama dari seluruh peserta pemilihan dan integritas penyelenggara dapat menjadikan Pilkada serentak 2020 yang bersih dari money politic dan korupsi. (SKS)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!