Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

DPB Maret 2021 Ditetapkan Sebanyak 1.352.366

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas mengadakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) secara daring dari Aula KPU Kabupaten Banyumas, Rabu (07/04/2021).

Rapat yang dihadiri oleh perwakilan dari Polresta Banyumas, Kodim 0701/BMS, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyumas, Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Pengadilan Agama Purwokerto, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Wilayah X, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Purwokerto, dan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Banyumas. Ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Plt. Ketua KPU RI Nomor 132 tahun 2021. Salah satu poinnya, KPU Kabupaten/Kota diminta melaksanakan Rakor bersama instansi terkait untuk menetapkan rekapitulasi DPB setiap bulannya.

Dari upaya yang telah dilakukan oleh KPU Banyumas dibantu oleh semua instansi terkait, telah diperoleh Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) bulan Maret 2021 sebanyak 1.352.366, terdiri dari 674.939 laki-laki dan 677.427 Perempuan.

Terkait pemutakhiran data pemilih, setiap instansi siap menyediakan data kepada KPU Banyumas. Polresta Banyumas dan Kodim 0701/BMS siap memberikan data, baik anggota TNI/Polri baru maupun anggota yang telah memasuki usia pensiun.

Adapun masukan dari pihak Lapas dan Rutan, keduanya siap untuk mendata para tahanan yang nantinya akan menggunakan hak pilihnya. Karena mulai tahun 2024, nantinya akan dibuat TPS tetap di dalam Lapas/Rutan.

Sementara itu, Bawaslu Banyumas memberi masukan agar nantinya KPU Banyumas dapat melaksanakan Rakor bersama pihak kecamatan maupun desa/kelurahan. Menurut Yon Daryono yang mewakili Bawaslu Banyumas, tentunya hal itu dilakukan dengan izin dari pihak Pemerintah Kabupaten Banyumas untuk memperoleh data kematian secara lebih cepat sehingga nantinya dapat menghindari masih tercatatnya data pemilih yang sudah meninggal dalam DPB. (afa)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!