Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

GITHA FUNGIE, DOSEN BERPRESTASI PEDULI DEMOKRASI

Memilih merupakan sebuah hak yang melekat kepada setiap warga Indonesia yang sudah memenuhi persyaratan menjadi pemilih. Atas dasar ini, tidak heran banyak masyarakat yang bergembira ketika kabar pelaksanaan Pemilu mulai tersebar. Setiap masyarakat ingin menggunakan hak suaranya untuk menyalurkan aspirasinya, memilih untuk pemimpin di Indonesia.

Prinsip itulah yang dipegang teguh oleh Githa Fungie Galistiani. Ia berprinsip bahwa memilih merupakan hak setiap warga dan harus dimanfaatkan demi memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Hari ini, Rabu (29/8) ia didapati sedang mengurus formulir pindah memilih (form. A5) ke luar negeri di kantor KPU Kabupaten Banyumas.

Githa merupakan seorang dosen yang kesehariannya mengajar mata kuliah Farmasi Klinik dan Komunitas di Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Dengan beasiswa Stipendium Hungaricum yang diperolehnya, selama 4 tahun ke depan ia akan menjalani studi S3-nya di University of Szeged, Hongaria.

“Saya akan berangkat ke sana dalam waktu dekat dan mulai belajar pada September 2019 sampai September 2023,” terangnya kepada tim reportase KPU Kabupaten Banyumas usai ia mengurus formulirnya.

Menurut perempuan berkacamata ini, memilih merupakan hal yang sangat penting. Berdasarkan pengakuannya, Githa yang sekarang berumur 31 tahun ini selalu mencoblos pada setiap pemilihan yang sudah dilaksanakan, termasuk Pilkada Serentak 2018 yang baru dilaksanakan dua bulan silam.

Meskipun ia harus pindah ke luar negeri, lanjutnya, dosen yang masih tergolong muda ini memilih mengurus formulir A5 agar hak pilihnya tetap bisa digunakan.

“Saya akan tetap bisa memilih di Kedubes Hongaria untuk Pemilu 2019 besok,” ungkapnya.

Kepada warga Indonesia yang sedang berrencana pindah baik ke luar negeri ataupun tidak, ia juga berpesan agar mereka segera mengurus formulir A5.

“Lagipula proses mengurusnya juga cepat, praktis dan gratis,” imbuh Githa.

Menurutnya, tidak ada alasan bagi setiap pemilih yang pindah untuk tidak mengurus formulir A5. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!