Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Hadapi Digitalisasi, KPU Banyumas Belajar Bersama Pengoperasian OBS

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Perkembangan zaman menjadikan setiap individu mau tidak mau beralih dari media konvensional ke media digital. Melihat kondisi tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas adakan kegiatan “Pelatihan Pengoperasian Open Broadcaster Software (OBS)”.  Bertempat di Aula KPU Banyumas, kegiatan diikuti oleh beberapa staf  KPU Banyumas dan mahasiswa magang dari empat universitas yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Kegiatan diisi oleh salah satu mahasiswa magang dari Undip yaitu Ismailia Sisca Widowati (19) pada Jumat (29/01/2021).

Mahasiswi yang akrab disapa Sisca ini menjelaskan informasi dasar mengenai OBS. “OBS merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk membantu melakukan broadcast atau penyiaran yang nantinya akan berfungsi bagi live streaming kegiatan KPU,” ujar Sisca dalam pemaparan materi dan praktek pengoperasian OBS secara langsung. Pada sesi tanya jawab, peserta yang mengikuti diskusi terlihat aktif mengajukan pertanyaan.

Tujuan adanya pelatihan ini selain sebagai wadah pengembangan diri juga mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan keterbatasan dalam melaksanakan kegiatan secara langsung. Tiap individu ataupun instansi termasuk KPU dituntut untuk memiliki kemampuan adaptasi terhadap teknologi agar nantinya semua kegiatan dapat tetap berlangsung, informasi serta komunikasi juga tetap tersampaikan.

“Diskusi OBS hari ini sangat menarik, menyenangkan, dan banyak hal baru yang saya dapatkan. Diskusi sangat membantu keberlangsungan kegiatan magang. Diskusi yang diadakan juga tidak dikenai biaya sedikitpun, justru kami difasilitasi penuh. Setelah mengikuti diskusi ini diharapkan para mahasiswa magang bisa memanfaatkan ilmu yang didapat dengan sebaik-baiknya”, kata Salma (21) mahasiswa magang dari Unsoed.

Acara ini ditutup dengan pesan dan kesan dari Hanan Wiyoko selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Banyumas. Acara berlangsung selama 2 jam dimulai sekitar pukul 14.30 sampai 16.30 WIB. Hingga acara ini berakhir, diskusi berjalan dengan lancar.

KPU berharap nantinya semua mahasiswa magang beserta staf yang mengikuti diskusi ini dapat mengoperasikan OBS baik untuk keperluan berkaitan dengan KPU maupun keperluan lain yang memiliki nilai manfaat. (avh,isw)

Baca Juga : KPU Banyumas Adakan Pelatihan OBS Untuk Staf dan Mahasiswa Magang

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!