Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

HARUS ADA SINERGITAS PENYUSUNAN KEPUTUSAN ANTAR DIVISI

Pengarahan oleh Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Hukum dan Pengawasan, Muslim Aisha di aula kantor KPU Kabupaten Purbalingga, Selasa (18-02-2020)

PURBALINGGA – Harus ada sinergitas dalam penyusunan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota terkait Pilkada Serentak 2020. Seluruh divisi harus paham substansi regulasi Pilkada yang disusun sesuai dengan bidangnya.

Keputusan KPU Kabupaten/Kota yang menyangkut teknis pemutakhiran data pemilih tentu yang harus paham adalah divisi perencanaan dan data. Demikian juga tentang pencalonan yang harus menguasai adalah divisi teknis. Divisi-divisi yang lain juga harus paham. Divisi hukum bertugas untuk menyusun konsideran dan susunan Keputusan KPU Kabupaten/Kota apa sudah sesuai dengan ketentuan ataukah belum.

Demikian poin monitoring dan supervisi yang dilakukan anggota KPU Provinsi Jawa Tengah divisi hukum dan pengawasan, Muslim Aisha, kepada KPU Kabupaten/Kota yang sedang melaksanakan tahapan Pilkada Serentak 2020.

Komisioner KPU Banyumas divisi hukum dan pengawasan, Suharso Agung Basuki mengikuti pengarahan dari KPU Rovinsi Jawa Tengah.

Meski KPU Kabupaten Banyumas tidak sedang melaksanakan Pilkada, diberikan kesempatan untuk mengikuti pengarahan di aula kantor KPU Kabupaten Purbalingga, Selasa (18-02-2020), yang diwakili oleh Suharso Agung Basuki, selaku divisi hukum dan pengawasan.

Menurut Agung, pengarahan itu bersifat rutin dilakukan oleh KPU Provinsi. Sebab, sekalipun KPU Kabupaten/Kota memiliki tugas dan kewajiban untuk menyusun keputusan, tetapi harus mengacu kepada PKPU yang ada.

Agung menambahkan bahwa dalam penyusunan keputusan KPU kabupaten/kota, prosesnya dari divisi yang bersangkutan. “Divisi hukum hanya membuat jaketnya (konsideran) dan susunannya”, kata komisioner KPU Kabupaten Banyumas tertua ini. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!