Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

HASIL REKAPITULASI SUARA DI KABUPATEN BANYUMAS AKHIRNYA TUNTAS

PURWOKERTO – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Banyumas pada Pemilu 2019 akhirnya tuntas Jumat (03-05-2019) malam. Kegiatan yang dimulai sejak tanggal 29 April itu diakhiri dengan ketukan palu Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi. Dikarenakan pencetakan dokumen memerlukan waktu yang lama, prosesi penyerahan hasil rekapitulasi kepada Bawaslu dan para saksi baru selesai Sabtu (04-05-2019) dini hari.

Imam menjelaskan hasil rekapitulasi Pemilu Presiden, DPR, DPD dan DPRD Provinsi akan diteruskan ke KPU Provinsi untuk dilakukan rekapitulasi tingkat provinsi Senin (06-05-2019) mendatang. Sedangkan untuk hasil rekapitulasi tingkat DPRD Kabupaten/Kota dituangkan dalam bentuk Keputusan KPU Kabupaten Banyumas. “Sesuai regulasi KPU Banyumas hanya menetapkan rekap untuk tingkat DPRD kabupaten saja. Nanti dituangkan dalam bentuk keputusan. Ini sedang dilakukan penomoran oleh subag hukum”, ujar Imam di setelah penetapan rekapitulasi.

Rekap di KPU Provinsi

Setelah itu, formulir DB yang menjadi hasil rekapitulasi di tingkat Kabupaten Banyumas akan diserahkan kepada KPU Provinsi Jawa Tengah di Semarang. Seluruh formulir dimasukkan ke dalam kotak suara tersegal dan akan dikawal oleh pihak keamanan. “Rencana pagi ini (Sabtu) akan kita kirim ke Semarang. Nanti akan dikawal personal dari Polres”, kata Hanan, anggota divisi Teknis. Hanan menambahkan proses rekapitulasi di provinsi menunggu jadwal dari KPU Provinsi. Menurutnya, pembacaan hasil rekap di Kabupaten Banyumas dilakukan di forum rapat Pleno Rekap Provinsi yang dihadiri para saksi dan Bawaslu Provinsi. “Saya sih optimis Banyumas akan lancar karena meilhat dari rekap (tingkat kabupaten) kemarin para saksi dan Bawas tidak ada catatan atau keberatan. Seluruh saksipun mau menandatangani berita acara”, kata Hanan. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!