Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

JUM’AT SEHAT, RPP KPU BANYUMAS SEBAR BROSUR DI GOR

PURWOKERTO – Pengenalan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas melalui penyebaran brosur RPP dan Hasil Pemilu Tahun 2019 kembali dilaksanakan pada hari Jum’at (14/12) yakni di 2 Gelanggang Olah Raga (GOR) di Purwokerto yakni GOR Satria dan GOR Soesilo Soedarman.

Sekretaris KPU Kabupaten Banyumas, Hirawan Danan Putra yang turut serta dalam tim GOR Satria menyampaikan bahwa selain hari Minggu, GOR di Jum’at pagi cukup ramai pengunjung yang melakukan aktivitas olahraga seperti lari dan senam. “Banyak pengunjung GOR yang potensial untuk dikenalkan dengan Rumah Pintar Pemilu,” ujar Hirawan. Selain pengunjung juga ada pedagang makanan serta pengurus sasana GOR yang perlu diberikan informasi kepemiluan.

Momo, salah satu pengunjung GOR yang ditemui disela-sela aktivitas olahraganya merespon positif kegiatan sebar brosur dan pengenalan RPP KPU Banyumas ini. “Luar biasa, hari ini ada pencerahan dari KPU Banyumas, sehingga masyarakat mengenal siapa saja wakil rakyat yang terpilih hasil Pemilu 2019,” kata pria yang aktif di beberapa grup senam dan kebugaran di Purwokerto. Momo juga menyatakan siap menyampaikan informasi mengenai RPP kepada rekan-rekannya.

Wisata Kepemiluan

RPP KPU Kabupaten Banyumas yang merupakan wahana Pendidikan demokrasi dan kepemiluan sekaligus destinasi wisata demokrasi dan kepemiluan di wilayah Kabupaten Banyumas, menerima kunjungan masyarakat pada setiap hari kerja yaitu Senin-Jum’at, pada pukul 08.30 s/d 15.30 WIB.

Pengunjung dapat menyaksikan video kepemiluan, melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS, melihat secara langsung data informasi infografis dan dokumentasi tahapan kepemiluan, serta mencoba permainan yang ada di RPP KPU Banyumas yakni Ular Tangga Demokrasi dan Scrabble Pemilu.

RPP KPU Banyumas juga memiliki perpustakaan yang berisi buku-buku data pemilu, demokrasi, dan kepemiluan lainnya.  Ada pula koleksi majalah DERAP KPU Banyumas sejak tahun 2015 hingga terkini dan majalah SUARA KPU dari KPU RI. Pengunjung dapat memanfaatkan buku-buku tersebut sebagai referensi dalam menyusun skripsi bagi mahasiswa atau tugas sekolah bagi pelajar serta pemerhati pemilu lainnya.

“Yang kekinian juga tersedia di RPP, yakni photobooth. Saat ini KPU Banyumas menyediakan photobooth surat suara dan menuju RI 1. Buat pengunjung, kami juga menyiapkan souvenir RPP,” kata Sari, salah satu pengelola RPP KPU Banyumas. (sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!