Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Karo Perencanaan dan Data Harap KPU Kabupaten/Kota Terus Lakukan Inovasi

PURWOKERTO– Seluruh satuan kerja (Satker) KPU di seluruh Indonesia diharapkan sebanyak-banyaknya melakukan inovasi. Meski kebijakan anggaran pada 2021 masih difokuskan pada penanggulangan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional, tetapi diharapkan terus menampilkan kinerja yang baik kepada publik, baik ada maupun tidak ada tahapan Pemilu/Pemilihan.

Demikian salah satu arahan Kepala Biro Perencanaan dan Data KPU RI, Sumariyandono, kepada jajaran KPU Kabupaten Banyumas, Senin (28-12-2020) kemarin. Kegiatan yang bertempat di aula utama KPU Kabupaten Banyumas ini dihadiri oleh komisioner, pejabat struktural dan para staf dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan dan anggaran KPU Kabupaten Banyumas tahun 2020.

“Ketua KPU Arief Budiman di sejumlah kesempatan mengajak kita semua sebanyak-banyak untuk melakukan inovasi. Saat ini yang sedang menjadi perhatian kita adalah SiRekap (Sistem Informasi Rekapitulasi) yang sudah digunakan pada Pemilihan Serentak lalu,” ungkap pria yang akrab disapa Pak Dono ini.

Sumariyandono mengungkapkan saat ini Sirekap memang hanya menjadi alat bantu untuk memudahkan publik dalam mengakses informasi hasil Pemilihan, bukan sebagai dasar perhitungan resmi. Tetapi, menurutnya, hasil input dari KPPS melalui aplikasi SiRekap sangat membantu saat rekapitulasi resmi dilakukan. “Ke depan semoga SiRekap dapat dijadikan dasar rekapitulasi resmi. Memang masih banyak kekurangan, tapi akan terus kita perbaiki,” ujarnya.

PDPB dan SiPol Berkelanjutan

Selanjutanya, selain pengembangan dan perbaikan SiRekap, KPU saat ini sedang menyusun Peraturan KPU tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB). PDPB merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota saat tidak sedang menyelenggarakan tahapan. Menurut Sumariyandono, nantinya kerja-kerja PDPB oleh KPU Kabupaten/Kota akan didukung dengan aplikasi yang diintegrasikan dengan aplikasi SiDalih 4.0 yang sudah ada.

Selain itu, KPU juga sedang merancang kegiatan SiPol (Sistem Informasi Partai Politik) Berkelanjutan. Diharapkan melalui program ini kegiatan verifikasi partai politik lebih mudah dilakukan saat masuk tahapan Pemilu. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!