Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Kelas Pemilu KPU Banyumas Selenggarakan Pelatihan Jurnalistik

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas mengadakan Kelas Pemilu, Rabu (07/04/2021). Namun kali ini kelas sedikit berbeda karena tidak hanya mengajarkan tentang kepemiluan saja tetapi juga tentang teknik menulis berita dan reportase kegiatan KPU.

Kelas dilaksanakan di Aula KPU Banyumas, Hanan Wiyoko selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan menjadi pemateri Kelas Pemilu kali ini. Diikuti oleh 15 mahasiswa magang KPU Banyumas, Kelas dimulai dengan materi teknik menulis berita dan menjelaskan pentingnya ilmu menulis pada mahasiswa.

“Saya ingin memberi oleh-oleh yang unik untuk teman-teman magang KPU Banyumas. Selain ilmu tentang kepemiluan saya akan membagi sedikit ilmu pengalaman saya di dunia Jurnalistik,” kata Hanan.

Kelas berlangsung dengan interaktif, mahasiswa magang aktif bertanya disaat sesi kelas berlangsung, terutama pada saat masuk ke bagian materi praktek penulisan berita. Hanan memaparkan materi sangat lengkap dari perbedaan antara berita dengan informasi, macam jenis berita, cara mengumpulkan informasi dan cara menulis berita.

Lalu, kelas dilanjutkan materi terakhir yaitu teknik mengulas beritas sekaligus kliping yang baik dan benar. Hanan menjelaskan materi ini sangat lengkap dari definisi mengulas, langkah membuat kliping, sampai memberikan contoh ulasan dan kliping yang baik sekaligus menutup kelas.

“Saya harap ini bisa jadi motivasi kalian untuk lebih giat menulis khususnya menulis suatu opini dan berita. Sangat bagus untuk kalian jika bisa menuliskan pendapat secara terstruktur terhadap suatu permasalahan,” pesan Hanan di akhir acara. (rfs)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!