Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Kelas Pemilu KPU Banyumas Selenggarakan Simulasi Penghitsu

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas kembali mengadakan kelas pemilu untuk mahasiswa magang KPU Banyumas. Program sosialisasi pendidikan pemilih periode ini mengadakan simulasi penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Selasa (29/3/2021). Para mahasiswa dan siswa magang dibagi perannya, ada yang menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Petugas pengamanan TPS, Pengawas TPS, Saksi, Pemantau serta Pemilih.

Divisi Teknis Penyelenggaran Hanan Wiyoko sebagai pemateri menyampaikan tujuan simulasi antara lain untuk memberikan pendidikan pemilih kepada mahasiswa dan siswa magang serta memberi gambaran jalannya pemungutan suara hingga penghitungan suara di TPS.

“Melalui simulasi ini, Saya harap kalian semua nanti menjadi lebih tertarik untuk menjadi penyelenggara pemillu muda dan berkontribusi kepada negara,” ucap Hanan.

Jalannya simulasi dilaksanakan di aula KPU Banyumas lengkap dengan peralatan di TPS seperti kotak suara, bilik suara, surat suara, meja KPPS, dan papan penghitungan.

Pada sesi simulasi pemungutan suara, rangkaian simulasi dimulai dengan pelantikan KPPS dilanjutkan dengan proses pemungutan suara yang diikuti pula oleh pegawai KPU Banyumas sebagai pemilih. Jalannya pemungutan suara juga diwarnai oleh banyak kejadian seperti adanya pemilih yang disabilitas, pemilih gaduh, pemilih yang lupa membawa surat pemberitahuan, KTP dan lain-lain.

Pada simulasi penghitungan suara, peserta kelas pemilu yang menjadi Ketua dan Anggota KPPS mengidentifikasi surat suara yang sah dan tidak sah, serta mempraktekkan proses pengisian formulir penghitungan suara atau C1.

Simulasi ini juga disiarkan secara langsung melalui Instagram @kpubanyumas agar pesan sosialisasi pendidikan pemilih ini juga bisa disaksikan dan dimengerti banyak orang. (rfs-ed sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!