Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KETUA KPU BANYUMAS : TINGKATKAN PARTISIPASI, TINGKATKAN KUALITAS PEMILIH

PURWOKERTO – Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi menyampaikan bahwa tugas utama Relawan Demokrasi (Relasi) ada dua. Yaitu meningkatkan angka partisipasi pemilih dan meningkatkan kualitas pemilih. Hal itu disampaikan olehnya dalam kegiatan Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi Pemilu 2019, Senin (21/1) di Restoran Oemah Daun, Purwokerto.

Di hadapan 55 Relasi, Imam menjelaskan bahwa angka partisipasi dari setiap Pemilu selalu fluktuatif. Sementara pada Pemilu 2019, target angka partisipasi pemilih di Banyumas adalah 77,5%. Katanya, angka ini sesuai dengan yang ditargetkan oleh KPU Republik Indonesia.

“Dengan target ini, maka penting bagi Relasi untuk menggerakkan kesadaran warga untuk menggunakan hak pilih,” ungkapnya.

Tugas Relasi kedua adalah meningkatkan kualitas pemilih. Menurutnya, ada beberapa pemilih di Banyumas yang masih pragmatis. Mereka masih mudah tergiur dengan transaksional politik uang. Ada juga warga yang masih mudah terhasut dengan isu SARA yang berkembang melalui berbagai media.

“Realitas seperti ini sangat jauh dari idealisme demokrasi. Dan inilah yang harus dibenahi oleh Relasi,” tambahnya.

Relasi sesuai tupoksinya, lanjut Imam, harus mendorong masyarakat agar menjadi pemilih yang berdaulat. Artinya, masyarakat yang memilih pemimpin secara rasional, melihat visi, misi, program dan track record calon.

Sementara dalam aksinya, KPU Banyumas mendorong agar Relasi gencar masuk ke forum-forum warga untuk sosialisasi. Relasi juga harus aktif melawan berita hoaks dengan cara menyebarkan berita yang benar dan bermanfaat.

“Sosialisasikan informasi kepemiluan kepada masyarakat sesuai basisnya masing-masing,” pungkas Imam. [Rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!