Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KGTC Ajak Mahasiswa Pilih Wakil Rakyat Terbaik

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas Imam Arif S dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FH UMP) Soediro dalam sambutan pembukaan acara, bersama mengajak seluruh mahasiswa untuk tidak menyerahkan kekuasaan pada orang yang salah dengan menggunakan suara di TPS dengan sebaik-baiknya.

“Pilihlah calon wakil rakyat yang terbaik, karena mereka yang nantinya akan menentukan semua kebijakan dan keputusan terkait hajat hidup orang banyak,” tegas Imam dalam sambutan KPU Goes To Campus FH UMP, Jum’at (13/11/2020).

Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Diana Ariyanti yang menjadi narasumber dalam kegiatan KPU Kabupaten Banyumas kali ini menyampaikan tentang perlunya partisipasi elektoral yang berkualitas dalam upaya menuju demokrasi substantif. Karena kaum milenial yang didalamnya juga terdiri dari mahasiswa merupakan penyumbang angka terbesar sebagai pemilih, menjadi tolak ukur suksesnya pemilihan dan penentu kualitas demokrasi.

“KPU terus melaksanakan voter education kepada pra pemilih dan pemilih pemula, serta pelayanan penggunaan hak pilih masyarakat,” ujar komisioner yang mengetuai Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Jawa Tengah ini.

Dosen FH UMP Selamat Widodo menyampaikan urgensi partisipasi mahasiswa dalam Pemilu sehingga mahasiswa harus menjadi pemilih yang berkualitas dan menggunakan suaranya dalam setiap pemilihan.

“Jika kita menginginkan pemimpin atau wakil rakyat yang berkualitas, kita pun harus menjadi pemilih yang berkualitas, jangan golput dan apatis, mahasiswa harus dapat menjadi contoh bagi masyarakat di sekitarnya,” papar Selamat.

Partisipasi mahasiswa sebagai pemilih dan pengawal proses demokrasi adalah kontribusi penting bagi demokrasi yang berkualitas. Demikian pula setelah terpilihnya para wakil rakyat, mahasiswa memiliki tanggungjawab untuk mengawal jalannya proses pemerintahan.

Bertempat di Audiotorium A.K Ansori UMP, acara yang dimoderatori Anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM Yasum Surya Mentari diikuti oleh mahasiswa dan dosen secara daring dan luring. (sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!