Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KGTC FH UNWIKU: Politik Uang Perusak Demokrasi

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Salah satu perusak demokrasi adalah politik uang. Orang yang berkompeten menjadi wakil rakyat tapi tidak punya capital atau modal, tidak bisa mencalonkan diri. Atau bila bisa, pada saat pemilihan tersisihkan oleh peserta pemilihan lainnya yang menggunakan politik uang. Dan kesalahan dalam politik uang tidak hanya terletak pada pemberi namun juga penerima uang tersebut.

“Karena itu, mahasiswa sebagai generasi intelektual harus kritis dan bertindak sebagai agen perubahan, mengajak masyarakat disekitarnya untuk menolak segala bentuk politik uang,” ujar Esti Ningrum, narasumber dari Fakultas Hukum Universitas Wijayakusuma (FH Unwiku) Purwokerto dalam kegiatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas Goes to Campus (KGTC), Jum’at (27/11/2020).

Mahasiswa pun harus aktif jadi pemilih, tidak apatis atau golput. Golput bukan golongan putih melainkan golongan putus asa. Hal ini ditegaskan oleh Ketua KPU Kabupaten Banyumas Imam Arif S dalam paparannya.

“Pilihlah yang terbaik dari peserta yang ada, lihat rekam jejak, program kerja, visi misi, diskusikan dengan berbagai kalangan. Dengan berpartisipasi aktif memilih maka kita secara nyata telah turut membangun demokrasi yang baik,” lanjut Imam kepada lebih dari dua ratus peserta KGTC FH Unwiku ini.

Kedua narasumber tersebut mengajak seluruh mahasiswa untuk bersama-sama ndandani Pemilu agar demokrasi negara kuat dan kebijakan negara semakin berpihak kepada rakyat. Serta mengingatkan bahwa Pemilu bukan tanggung jawab penyelenggara saja melainkan tanggung jawab seluruh komponen masyarakat.

Bertema “Peran Mahasiswa dalam Pemilu dan Demokrasi” kegiatan sosdiklih dibuka oleh Dekan FH Unwiku Rusito dan dimoderatori oleh Anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Teknis Penyelenggaraan Hanan Wiyoko. Adapun kegiatan terlaksana secara full daring  melalui zoom meeting  namun tetap diikuti secara antusias oleh seluruh peserta. (sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!