Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Kliping Berita, Memperkaya Koleksi Perpustakaan RPP KPU Banyumas

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Rumah Pintar Pemilu (RPP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas selain mengoleksi buku-buku kepemiluan di perpustakaan, juga menyajikan kliping berita tentang lembaga KPU dan kepemiluan dari beberapa media cetak yang ada di Banyumas, baik nasional, regional maupun lokal.

Pengklipingan surat kabar harian merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terkait lembaga KPU dan kepemiluan berdasarkan pandangan para jurnalis.

“Banyak manfaat dari kliping berita, antara lain sebagai sumber informasi dan bahan evaluasi bagi KPU Banyumas, menjadi arsip sekaligus koleksi perpustakaan RPP juga memperkaya wawasan dan pengetahuan para pembacanya,” kata Hanan Wiyoko, Anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Teknis Penyelenggaraan yang juga memiliki latarbelakang Jurnalis.

Sekretaris KPU Kabupaten Banyumas, Kasworo menambahkan bahwa sejak 2004 hingga sekarang, kegiatan pengklipingan telah dilakukan setiap harinya. “Setelah dibaca oleh komisioner dan sekretariat, koran dikumpulkan untuk kemudian dikliping, didokumentasikan dan dibuat ulasan dari hasil kliping tersebut,” ujar pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubag Teknis dan Hupmas.

Saat ini pengklipingan berita dilakukan oleh staf Subbag Teknis dan Hupmas, Diyan Veriyani. Diyan bertugas membuat kliping berita sejak tahun 2017 hingga sekarang. Proses pengklipingan dilakukan dengan cara mengumpulkan koran-koran langganan KPU Kabupaten Banyumas, kemudian menyeleksi berita terkait KPU dan kepemiluan baik berita positif maupun negatif untuk selanjutnya digunting dengan rapi. Selanjutnya ditempelkan pada kertas khusus, berikut dengan nama harian dan waktu terbit, kemudian diklasifikasikan berdasarkan media surat kabar.

Kliping berita yang tersaji di RPP KPU Banyumas saat ini antara lain bersumber dari surat kabar harian Kompas, Suara Merdeka, Radar Banyumas, kedaulatan Rakyat, Satelit Post, Banyumas Ekspress dan Tribun Jateng.

“Silakan bagi yang memerlukan kliping sebagai bahan penelitian atau skripsi dapat meminjam atau membaca langsung di perpustakaan RPP KPU Banyumas setiap hari kerja,” pungkas Hanan menutup wawancara oleh tim DERAP. (SKS)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!