Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU Banyumas Ajak Mahasiswa Aktif Dan Peduli Politik

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Politik berpengaruh dalam semua kebijakan yang terkait dalam kehidupan mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai generasi milenial dan intelektual dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sosial hendaknya tidak terbatas di bangku kuliah saja tetapi juga aktif dan peduli dalam kegiatan yang lain, terutama dalam hal politik.

“Sangat penting bagi kita untuk peduli terhadap politik, karena seluruh kehidupan kita diatur dengan kebijakan dan politik. Saat ini politik dan kebijakan ada pada lembaga eksekutif dan legislatif yang merupakan produk pemilu dan yang menentukan hasil pemilu adalah kita,” papar Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas Yasum Surya Mentari dalam kegiatan KPU Goes To Campus Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto, Selasa (01/12/2020).

Pria yang akrab disapa Surya ini menegaskan bahwa partisipasi mahasiswa sangatkah penting untuk melahirkan pemimpin yang berkualitas.  “Jangan acuh tak acuh, masa bodoh asal memilih karena tidak mungkin kita menyerahkan estafet kepemimpinan kepada orang yang tidak memiliki kapasitas. Apa yang terjadi pada hari ini dan yang akan datang, kita yang menentukan,” tegas pengampu Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM di hadapan mahasiswa yang mengikuti melalui daring dan tatap muka terbatas ini.

Sedangkan narasumber Alan Bayu Aji yang merupakan Dosen dan Koordinator Program Studi S1 Hukum UHB membahas mengenai peran dan posisi strategis mahasiswa untuk berkontribusi dalam alam demokrasi Indonesia dengan menjadi agen perubahan, agen pengawasan dan kalangan intelektual.

Mahasiswa memiliki posisi strategis dikarenakan status tertinggi mahasiswa dalam dunia pendidikan serta anggapan semi profesional dalam dunia profesional. Dengan posisi tersebut, mahasiswa dapat berkontribusi melalui kemampuan kritis terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah, menjadi pelopor terhadap perubahan yang positif serta kalangan intelektual yang juga dapat menjadi calon pemimpin bangsa di masa depan. “Jaga idealisme untuk mewujudkan realita peradaban bangsa yang lebih baik dan jangan gadaikan masa depan bangsa, hanya untuk kepentingan dan nafsu sesaat,” ajak Alan dalam closing statementnya.

Adapun Dekan Fakultas Ilmu sosial UHB Alfizi menyambut baik kegiatan KPU Banyumas di kampus yang menyelenggarakan pendidikan ilmu kesehatan, ilmu sains, dan ilmu sosial ini. Alfizi menyampaikan kegiatan ini sejalan dengan pendidikan merdeka belajar, mahasiswa tidak hanya menimba ilmu di bangku kuliah saja tetapi juga belajar hal lainnya termasuk kepemiluan.

Terkait pelaksanaan pilkada serentak 9 Desember 2020, Divisi  Teknis Penyelenggaraan Hanan Wiyoko yang menjadi moderator menyampaikan bahwa KPU sudah menyiapkan seluruh tahapan sedemikian rupa dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, termasuk pada saat pemilih berada di TPS. “Tidak perlu kuatir pilkada akan menjadi cluster covid19, asal kita bersama-sama menerapkan protokol kesehatan dengan baik,” jelas Hanan. (sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!